Langsung ke konten utama

Bahayanya Playground Indoor untuk Anak yang Perlu Kamu Waspadai

(Sumber: Google)

Salah satu tempat yang paling banyak dipilih orangtua untuk mengajak anak bermain adalah di mall. Orangtua pun senang melihat anaknya gembira, saat bermain dengan fasilitas yang disediakan tersebut.

Namun tahukah kamu, dr. Melanie Iskandar Sp.A, mengatakan, sering-sering bermain di tempat bermain atau playground indoor sangat tidak direkomendasikan untuk anak?

"Jangan terlalu banyak bermain di playground indoor, lebih bagus yang outdoor dengan paparan sinar matahari. Kalau di indoor, kuman yang ada lebih susah mati. Apalagi di mall dengan suhu dingin, lembab, kuman akan bertahan lebih lama, lebih kuat," jelasnya.

Menurutnya, banyak faktor yang membuat playground indoor lebih berisiko mengganggu kesehatan anak. Hal utamanya adalah kebersihan tempat yang kebanyakan ditemukan tidak terjaga.

Mulai dari lantai, dimana bakteri tersebut tentu berasal dari orang-orang yang berlalu lalang dengan alas kaki yang kotor dan berasal entah dari mana.

(Sumber: Google)

Kemudian tidak adanya pembersihan rutin setiap hari, dimana ketika anak bersin, batuk dan sebagainya, virus bisa menempel pada bola-bola, atau permainan lainnya, dan virus hinggap di mainan tersebut. Selanjutnya mainan tersebut disentuh anak yang lain, sehingga juga berisiko tertular penyakit.

Penelitian di Amerika Serikat bahkan mengatakan bahwa mereka tidak hanya menemukan bakteri patogen dalam playground indoor, yang dapat membuat anak sakit, namun juga menemukan bakteri yang berpotensi mematikan.

"Playground kalau kelolanya bagus mungkin akan baik-baik saja, misal dengan melakukan pembersihan setiap hari. Mungkin yang masuk harus dengan kaus kaki yang dipastikan bersih, dan sebagainya. Sesekali bolehlah, tapi pastikan kondisi fisik anak sedang baik. Jangan lupa biasakan cuci tangan sebelum dan sesudah. Dan yang terpenting diawasi, biasanya kan anak udah masuk ke playground, ditinggal belanja, atau ditinggal kemana dulu," jelasnya.


Sumber: akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati