Langsung ke konten utama

Indonesia Makin Sadar Akan Keamanan Siber Bagi Perusahaannya

(Sumber: merahputih.com)

Trend Micro menyebut kesadaran meningkatkan keamanan siber di Indonesia mulai tumbuh pesat. Saat ini sudah banyak perusahaan yang memiliki Chief Information Security Officer (CISO).

Country Manager Trend Micro, Laksana Budiwiyono menjelaskan, CISO sendiri merupakan tim IT yang khusus untuk mengurusi keamanan siber dari perusahaan, khususnya yang sudah masuk ke digital.

“Tadinya security siber itu hanya menjadi bagian dari tim IT. Sekarang mereka sudah disejajarkan,” ujarnya.

Menurutnya, fenomena CISO sudah mulai terlihat dan banyak diterapkan sebagai bagian dari strategi bisnis perusahaan Indonesia. Ia menilai, hal tersebut menjadi bukti bahwa perusahaan Indonesia sudah mulai sadar akan pentingnya menjaga keamanan siber.

Laksana Budiwiyono (kiri) bersama IT Operation Head Mitra Adiperkasa (MAP), Joko Alam (kanan) dalam konferensi pers peluncuran Trend Micro Apex One di Jakarta.(Sumber: akurat.co)

“Itu bisa jadi kesempatan untuk menjaga bisnis ke depan ketika masuk ke digital. Tapi (CISO) juga dituntut merespon dengan baik jika ada serangan dan sebagainya,” kata Laksana.

Serangan siber, bisa berdampak besar pada bisnis perusahaan. Dirinya mencontohkan di Eropa sudah diterapkan aturan denda sebesar 2-4% dari pendapatan apabila terjadi serangan.

“Bahkan apabila kena (serangan siber) ransomware, kan datanya dikunci, itu hackernya bisa minta tebusan yang lebih besar,” jelasnya.


Sumber: akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati