Langsung ke konten utama

Kurangi Kriminalitas, Terminal Ini Bangun Pos Istirahat Copet

(Sumber: suara.com)

Cara menarik dilakukan pengelola Terminal Tirtonadi Tipe A untuk mengantisipasi aksi pencopet di tengah arus mudik lebaran. Mereka menyindir para pencopet dengan menyediakan pos istirahat copet. Pos ini mulai dioperasikan pada Selasa (28/5). Pos istirahat copet berada di depan pintu utama masuk terminal.

"Ini memang cara kita memberikan sindiran pada pelaku kejahatan khususnya copet yang nekat beraksi di Terminal Tirtonadi Solo. Sekaligus memberikan efek jera. Karena misalkan ada copet yang tertangkap, akan langsung kami pajang di sini biar semua bisa melihat," kata Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi Solo, Joko Sutriyanto.

Dia mengungkapkan, pendirian posko istirahat copet sudah menjadi tradisi pengelola Terminal Tirtonadi sejak 2016. Hal itu diinisiasi oleh Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo. Cara tersebut terbukti ampuh menurunkan tingkat kriminalitas di terminal.

(Sumber: kompas.com)

"Sejak ada posko tempat peristirahatan copet ini, tak ada lagi penumpang di terminal yang menjadi korban copet. Sebelumnya, saat kondisi ramai penumpang seperti arus mudik dan balik, banyak penumpang yang kecopetan," kata dia.

Meski demikian, Joko mengatakan petugas tetap meningkatkan pengamanan terminal selama arus mudik dan balik. Salah satunya dengan meminta bantuan personil dari kepolisian dan TNI untuk membantu pengamanan.

Menurut pengamatan, keberadaan posko istirahat copet menarik perhatian sebagian penumpang bus. Tak sedikit yang sekedar berhenti untuk melihat posko.

"Kalau pengalaman tahun-tahun lalu malah banyak penumpang yang justru selfie di posko istirahat copet," ujarnya.


Sumber: akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati