Langsung ke konten utama

Siswi SMA Temukan Obat Kanker Payudara dalam Ajang Kompetensi

(Sumber: detik.com)

Ajang kompetisi adu kreativitas dalam bidang penelitian dan invention bertajuk Youth National Science Fair (YNSF) 2019  sukses digelar oleh Indonesian Young Scientist Association (IYSA) pada 10-12 Mei 2019 lalu.

Ajang kompetisi tersebut membuat 2 putri dari tanah Dayak, Aysa Aurealya Maharani dan Anggina Rafitri, berhasil mencetak prestasi yang membanggakan Indonesia di mata dunia. 

Karena menjadi salah satu pemenang di perlombaan YNSF, kedua remaja ini dikirim sebagai perwakilan dari Indonesia untuk mengikuti World Invention Creativity (WICO) di Seoul, Korea Selatan.

World Invention Creativity (WICO) di Seoul, Korea Selatan (Sumber: Dokumentasi Pribadi IYSA)

Kedua siswi SMAN 2 Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, ini meneliti herba tradisional Suku Dayak untuk tujuan pengobatan kanker payudara, dalam kompetisi WICO.

Hasilnya, mereka berhasil meraih gold medals dalam ajang WICO melalui obat kanker yang dihasilkan dari tanaman alami. Tanaman yang mereka perkenalkan dalam ajang tersebut adalah akar bajakah tunggal yang berasal dari tanah Kalimantan Tengah.

Selain membanggakan, kedua putri ini tentunya juga memberikan harapan kepada para penderita kanker payudara. Seperti kita ketahui, kanker payudara masih menjadi jenis kanker nomor 2 yang mematikan bagi wanita Indonesia.


Sumber: akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati