Langsung ke konten utama

Tahukah Anda Rahasia di balik 17 Agustus '45?

17 Agustus 1945 merupakan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia. Karena saat itulah hari dimana Indonesia merdeka. Perayaan 17 Agustus biasanya diisi dengan berbagai lomba-lomba. Tapi kalian tau ngga sih ada beberapa fakta yang belum banyak diketahui orang?

Ada beberapa kejadian yang masih jarang banget diketahui. Nih saya kasih infonya yaa biar kalian pada tau.

1. Kondisi Soekarno saat proklamirkan kemerdekaan
Di hari yang penting itu, Bung Karno ternyata sedang sakit malaria tertiana. Bung Karno kelelahan karena sebelumnya menyusun konsep naskah proklamasi bareng sahabat-sahabat seperjuangannya. Waktu itu pas sekali di bulan Ramadhan.

Bung Karno diobati oleh dr Soeharto, dokter kesayangannya. Beliau diberi chinineurethan intramascular dan pil brom chinine. Jam 09.00, Bung Karno bangun lalu berpakaian rapi putih-putih dan menemui sahabatnya, Bung Hatta.

"Demikianlah saudara-saudara! Kita sekalian telah merdeka!", ujar Bung Karno di hadapan para patriot Indonesia. Setelah Bung Karno berpidato, mereka semua mengibarkan bendera Merah Putih sembari menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Setelah upacara selesai, Bung Karno kembali beristirahat. Dan revolusi telah dimulai sejak saat itu.

2. Upacara kemerdekaan yang sederhana
Upacara Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ini berlangsung tanpa protokol, tanpa korps musik, tanpa pacaragam, dan tanpa konduktor.

Tiang bendera dibuat dari bambu secara kasar, ditanamnya pun hanya beberapa menit sebelum upacara. 

Sumber: Google


3. Bendera yang terbuat dari seprai
Udah ada yang tau kalau bendera pusaka kita terbuat dari seprai? Yap, bendera resmi nan sakral itu dibuat dari kain seprai tempat tidur. Warna merah di benderanya berasal dari kain tukang soto loh. Kebayang ngga gimana sederhananya?

Sumber: Google

4. Orang indonesia asli yang pertama menjadi mentri (Akbar Tanjung)
Tau ga si setelah 43 tahun Indonesia merdeka, Indonesia baru memiliki mentri yang asli benar-benar orang Indonesia. Karna menteri-menteri sebelumnya lahir sebelum tanggal 17 agustus 1945  yang berarti mereka pernah menjadi warga Hindia Belanda atau penduduk jepang. Sebab saat itu negara Republik Indonesia memang belum ada orang asli Indonesia. Yang menjadi menteri pertama di Indonesia adalah Ir. Akbar Tanjung lahir di Sibolga, Sumatra Utara 30 Agustus 1945 sebagi Menteri Olahraga.

5. Kalimantan Memiliki Tiga Kepala Negara
Kalimantan adalah wilayah hukum indonesia. padahal kenyataanya tempat tersebut adalah pulau yang unik di dunia. Di tempat yang unik tersebut memiliki 3 kepala negara yaitu Presiden Suharto, PM Mahatahir Mohamad dan Sultan Hassanal Bolkiah.

6. Revolusi di Indonesia dijadikan settingan film luar negri
Judul pidato 17 Agustus 1964 (Tahun yang Penuh Bahaya) dijadikan judul film dalam bahasa inggris "The Year of Living Dangerously" film yang menceritakan pengalaman buruk wartawan Australia yang bertugas di Indonesia pada detik-detik menjelang peristiwa berdarah tahun 1965. Film tersebut mendapatkan penghargaan (Oscar) dalam kategori film asing.


Sumber: Google

7. Naskah asli Proklamasi Indonesia ditemukan di tempat sampah
Apa kalian tau? Ternyata naskah asli yang ditulis tangan oleh Bung Karno ternyata tidak pernah disimpan oleh Pemerintah. Pasalnya, setelah 46 tahun 9 bulan 19 hari, tepatnya pada tanggal 29 Mei 1992, Wartawan BM Diah menyerahkan draft proklamasi itu kepada Presiden Soeharto. Ternyata Dian menemukannya di keranjang sampah di dalam kediaman Laksamana Maeda, setelah disalin dan diketik oleh Sajuti Melik.

8. Soekarno memandikan penumpang pesawat dengan air seni
Saat itu dalam perjalanan pulang nya dari Dalat, Vietnam pada 13 Agustus 1945, Soekarno dan Bung Hatta serta teman-teman yang lainnya menaiki pesawat bermotor ganda. Karena tak ada tempat untuk buang air kecil, akhirnya Soekarno melepas hajat kecilnya di lubang dinding pesawat. Dan karena angin yang sangat kencang, maka air seni itu membasahi semua penumpang di pesawat.

9. Bung Hatta Berbohong Demi Proklamasi
Demi proklamasi Bung Hatta rela berbohong. Bung Karno memerintahkan Bung Hatta untuk meminta bala bantuan senjata dari Jawaharlal. Cara Bung Hatta pergi ke India dilakukan secara rahasia.

Bung Hatta memalsukan paspor dengan nama 'Abdullah co-pilot'. Dengan begitu beliau bisa berangkat dengan pesawat yang di kemudikan oleh seorang industrialis yang bernama Biju Patnaik. Nehru sangat terhormat kepada Bung Hatta dan Nehru mengajak Bung Hatta untuk bertemu dengan Mahatma Gandhi.

Nehru sendiri adalah kawan lama dari Bung Hatta pada tahun 1920-an, dan Gandhi pula mengetahui perjuangan Bung Hatta. Setelah usai pertemuan, Nehru memberitahu Gandhi bahwa ' Abdullah ' itu adalah Mohammad Hatta. Mendengar hal itu, Gandhi marah besar kepada Nehru kerana Nehru tidak memberitahu yang sebenarnya.

10. Gelar Proklamator Hanyalah Gelar Lisan
Bung Karno dan Bung Hatta memiliki gelar proklamator tetapi gelar itu hanya diberikan secara lisan oleh rakyat Indonesia kepada beliau selama 41 tahun. Lalu pada tahun1986, pemerintah Indonesia baru memberikan gelar tersebut secara resmi kepada beliau.

Nah, sekarang kalian udah tau kan rahasia di balik 17 Agustus '45?


Sumber: Google

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati