Langsung ke konten utama

Kemenangan Pelajar DKI di Moscow


Tim Pelajar DKI.


Indonesia memenangkan Silver Trophy dalam Kompetisi Tim di Olimpiade Internasional ke-3 Metropolises. Olimpiade diadakan di Moscow, 2-7 September lalu. Tim dari Indonesia merupakan pelajar berjumlah 8 orang.

Selain Jakarta, ada 7 kota lain yang sama-sama menempati juara 2. Kota-kota tersebut adalah Belgrade, Sofia, Minsk, Istanbul, Budapest, Yerevan, dan Zagreb, ungka Sekretaris Pertama Fungsi Pensosbud KBRI Moscow, Enjay Diana.

Di peringkat pertama ada tuan rumah yaitu Moskow, serta negara lain yaitu Shanghai, Saint Petersburg, dan Hong Kong. Di peringkat ketiga ada Leipzig, Baku, Dushanbe, Innsbruck, Milan, Astana, Almaty, Bratislava, Bishkek, dan Banja-Luka.

Olimpiade ini diikuti oleh peserta dari 33 kota besar dari 25 negara-negara Eropa, Asia, Afrika, dan Amerika. Jakarta merupakan satu-satunya peserta dari Asia Tenggara.

Bidang yang diperlombakan di olimpiade ini adalah matematika, fisika, kimia, dan komputer untuk kategori kelompok dan individu serta blitz-contest. Tiap bidang pelajaran diikuti 2 peserta dari tiap kota.

Pada kategori individu, Tim Jakarta memperoleh 7 medali yang terdiri dari 3 perak dan 4 perunggu. Untuk medali perak, 2 medali dipersembahkan dari kimia dan 1 medali dari fisika. Untuk medali perunggu, 2 medali diperoleh dari komputer dan 2 medali lainnya dari matematika dan fisika.

Medali emas untuk semua pelajaran disabet oleh peserta dari Moscow sendiri. Sementara untuk blitz-contest, dari 33 tim yang bertanding, Tim Jakarta berhasil menempati urutan ke 6.




Shafira Aurelia, salah seorang peserta dari tim Jakarta, mengatakan soal-soal yang diberikan tergolong sangat sulit dan sempat berpikir tidak akan mendapat medali. Shafira yang sekolah di SMAN 8 berhasil mendapat medali perunggu untuk pelajaran fisika yang diikutinya. 

Shafira merupakan satu-satunya peserta wanita di Tim Jakarta. Selain Shafira, pelajar lainnya berasal sekolah yang berbeda-beda. Dubes RI untuk Rusia dan Belarus, M. Wahid Supriyadi menyampaikan apresiasi tinggi atas keberhasilan Tim Jakarta.

Rusia merupakan salah satu negara yang memiliki keunggulan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Tim Jakarta kemungkinan mempunyai kesempatan untuk dapat belajar di Rusia di masa depan.


Sumber: 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati