Langsung ke konten utama

Benarkah Minuman Kolagen Bikin Kulit Cantik?

Sumber: Google

Girlss, kalian pasti memimpikan punya kulit yang mulus, kencang, dan selalu awet muda. Hal ini direspons oleh banyak perusahaan dengan merilis banyak produk kecantikan yang mengklaim bisa membuat kulit indah. Salah satunya adalah minuman yang diklaim mengandung kolagen.

Tapi, bener nggak sih minuman ini bisa menambah pasokan kolagen, salah satu struktur organik yang menyusun kulit?

Dilansir dari Womenshealthmag, tentu sangat menyenangkan jika ada minuman ajaib yang bisa berefek langsung pada kulit. Namun, hal itu nyatanya hanya sekadar angan-angan.

"Sebagian besar penelitian pada kolagen telan tidak cukup kuat membuktikan efeknya pada kesehatan kulit, penampakan, maupun penuaan pada kulit," kata Anne Chapas, M.D., dermatolog di New York sekaligus pendiri Union Square Laser Dermatology.

"Kolagen yang ditelan lewat mulut akan terpecah menjadi protein, lalu diserap oleh tubuh," tambah Rachel Nazarian, M.D. dari Schweiger Dermatology Group.

Artinya, saat kolagen dicerna tubuh, zat ini dipecah-pecah dan tidak sampai ke kulit sebagai kolagen yang diinginkan. 

Makanan yang bagus untuk kulit (Sumber: Google)

Nazarian juga menegaskan masih terbatasnya penelitian yang mengamati manfaat minuman kolagen ini. Hal yang sama ternyata juga berlaku pada kapsul suplemen kolagen yang harganya cukup mahal.

Daripada minum minuman kolagen atau suplemen, makan menu seimbang dengan banyak protein seperti salmon, telur, daging tanpa lemak, kacang-kacangan, dan biji-bijian dianggap lebih baik untuk meningkatkan kolagen.

"Tubuh mengubah nutrisi ini menjadi asam amino esensial yang dibutuhkan agar kulit dan tulang tetap sehat," kata Craig Austin, M.D., dermatolog di New York sekaligus pendiri Care+Austin Skincare.

"Nutrisi ini akan dikirim ke dalam aliran darah dan dipasok menuju dermis, bagian kulit paling dalam, beserta kolagen yang terproduksi secara alami," lanjutnya.


Sumber: 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati