Langsung ke konten utama

DPRNow, Aplikasi untuk "Demo" Pemerintah


Makin canggih, sekarang DPR mengeluarkan aplikasi DPRNow! Apa itu DPRNow?

DPRNow adalah sebuah aplikasi yang dibuat untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam menyampaikan kritik dan aspirasinya. Jadi nggak perlu demo-demo di depan gedung DPR/MPR lagi.

Sebastian Salang, co-founder aplikasi ini mengatakan, “Dengan aplikasi ini kan masyarakat ngapain musti capek-capek, toh disini (aplikasi) bisa dipantau. Kalau demo di depan belum tentu bisa dikontrol. Kalau dengan aplikasi ini dia bisa tahu dan lapor lagi kalau aduannya tidak ditindaklanjut.”

Selain meredam aksi demo, aplikasi ini juga mengedepankan nilai efektifitas pengaduan yang menjangkau masyarakat di seluruh Tanah Air.


“Kemudian mendorong proses pengaduan  atau aspirasi secara efisien dan efektif karena orang dari Papua enggak perlu datang ke Jakarta.  Dia tinggal scan dokumennya dan kirim ke aplikasi lalu dia tinggal pantau, jadi simple. Dengan era teknologi saat ini sudah terlalu banyak kemudahan yang harus difasilitasi melalui aplikasi,” jelas Salang.

Layanan ini  sekaligus sebagai platform yang menjembatani komunikasi antara rakyat dengan wakilnya. Saat ini telah tersedia fitur "pengaduan," "aspirasi," dan "informasi" sebagai kanal utamanya.

Selain itu, ada juga fitur video streaming bagi yang ingin menonton tayangan terkait aktivitas rapat  komisi I-XI. Dengan begitu, aplikasi ini mengedepankan nilai transparansi dan akuntabilitas kinerja DPR.

Sistem yang dibuat pun cukup ketat. Pengguna harus mendaftarkan diri atau sign up ke aplikasi berdasarkan kartu identitas atau KTP. Dengan begitu akan menekan akun ‘fake’ karena bisa dideteksi melalui data pribadi.


Sumber: akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati