Langsung ke konten utama

Perang Dingin China-AS, Pompeo: China Harap Bersikap Normal


Sumber: Google

Kita semua sudah tahu bahwa Amerika dan China sedang 'perang dingin' sehingga mereka selalu bersaing dalam hal apapun. Perang dingin makin terasa ketika 2 negara ini saling menyindir.

Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo, mengulang sejumlah keluhan yang dilakukan secara publik oleh Pemerintahan Donald Trump kepada Beijing. 

Pompeo mengatakan bahwa tindakan legal terbaru AS pada agen China yang mencoba mencuri teknologi penerbangan AS adalah ‘bagian dari mosaik strategi upaya membuat mundur’ China.

Pompeo mengaitkan dakwaan itu pada upaya menekan Beijing mengatasi surplus yang dinikmati China dari AS.

“Presiden memerintahkan pertukaran yang jujur dan timbal-balik dengan China. Kami ingin mereka tidak mencuri kekayaan intelektual kami…ini upaya tegas atas nama Pemerintah AS, sebagai arahan presiden, untuk membuat China bertindak seperti negara lain terkait perdagangan dan menghormati peraturan dalam hukum internasional,” papar Pompeo menambahkan.

Sumber: Reuters.

Departemen Kehakiman AS mendakwa agen-agen Kementerian Keamanan China yang berkantor di Provinsi Jiangsu atas konspirasi meretas untuk mencuri teknologi mesin pesawat jet.

“Perusahaan yang terkena konspirasi peretasan ini dan lainnya yang memproduksi spare part mesin turbofan… mencuri data sensitif dari perusahaan-perusahaan ini agar dapat digunakan oleh entitas China untuk membangun mesin yang serupa tanpa harus melakukan penelitian penting dan mengeluarkan biaya penelitian,” ungkap pernyataan dalam dakwaan tersebut.

Tidak hanya itu, Kementerian Dagang AS juga memberikan sanksi dan memperketat ekspor pada perusahaan yang bekerja dengan perusahaan Fujian Jinhua Integrated Circuit Co. pembuat chip memori, untuk memutuskan hubungan kerja sama perusahaan dari penyedia teknologi tinggi AS.


Sumber: akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati