Langsung ke konten utama

Susah Bangun Pagi? Bisa Jadi Itu Gejala Clinomania

Sumber: Google

Kalian masuk tipe yang gampang bangun pagi atau susah bangun pagi?

Sering kita dengar ada orang yang gampang banget buat bangun pagi, olahraga, dan lain sebagainya. Tapi juga ada tipe yang susah banget buat bangun pagi, makanya sering telat datang ke kantor ataupun urusan lainnya.

Orang yang susah bangun di pagi hari bisa jadi secara klinis mengalami kelainan mental yang disebut clinomania atau Dysania.

Sumber: Google

Orang yang mengalami kondisi tersebut harus berjuang untuk keluar dari zona nyaman mereka. Ini bahaya, karena mereka pada umumnya lebih memilih melanjutkan tidur ketimbang harus memenuhi tugas atau tanggung jawab.

Para clinomania kerap tidak menyadari bahwa terlalu sering di tempat tidur lebih lama di pagi hari sebenarnya dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Kurangnya sinar matahari, olahraga, dan interaksi sosial dari waktu ke waktu dapat menyebabkan seseorang memiliki suasana hati yang rendah. Hal ini malah akan lebih memperburuk keadaan, dan membuat lebih sulit untuk bangun dari tempat tidur.

Sumber: Google

Jadi sulit bangun pagi bukan hanya tentang seseorang yang malas. Mereka yang memiliki kesehatan mental seperti stres, depresi dan selalu merasa cemas rentan memiliki kondisi kesehatan clinomania ini.

Selain clinomania, juga ada kelainan yang dikenal dengan sindrom kelelahan kronis atau ME. Kelainan ini akan merasakan hal yang sama seperti clinomania. Mereka semua sulit untuk bangun tidur, bahkan setelah waktu tidur yang dirasa cukup lama.

Baiknya segera konsultasikan ke dokter, sebelum kondisi ini mempengaruhi aktivitas kamu. Coba menghilangkannya dengan melakukan perubahan pada aktivitas keseharian, misalnya melakukan diet sehat atau berolahraga rutin.


Sumber: akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati