Langsung ke konten utama

Apa Saja Penyebab Stres? Simak Penjelasannya



Ketika kita lelah atau depresi, seringkali kita mengeluhkan stres. Berbagai urusan bisa memunculkan stres ini, dari stres ringan hingga fatal. Salah satu penyebab stres adalah hubungan anak dan orang tua. Beberapa hubungan antara anak dan orang tua kadang tidak harmonis, bahkan sering terjadi kekerasan. 

Menurut Elizabeth T Santosa, M.Psi, Psi, SFP, ACC, banyaknya kasus kekerasan yang terjadi hingga saat ini belum dapat dihentikan. Misalnya kekerasan kepada anak yang dipicu ketidakbahagiaan suami-istri.

"Bicara tentang kekerasan, pasti berhubungan dengan tingkat emosi. Tantangan hidup yang semakin berat, trauma masa lampau, tekananan dari pekerjaan dan tuntutan pemenuhan standar gaya hidup sering kali menimbulkan stres," katanya dalam 'Workshop Metode Pelepasan Ketegangan, Stres Akut dan Trauma Melalui Kecerdasan Tubuh (TRE)' di Jakarta Design Center, Jakarta, Jumat, (2/11).

Sumber: Google

Ada beberapa hal lain yang juga memicu stres, contohnya kondisi biologis.

"Ini biasa dialami oleh ibu rumah tangga. Biasanya mereka yang dikasih uang banyak oleh suaminya, belum tentu bahagia. Karena kan dia sering kali di rumah. Mereka perlu juga untuk hanya sekedar jalan-jalan," ucapnya.

Pemicu stres lainnya adalah lingkungan. Kemiskinan, tinggal di lingkungan yang bising, banyak polusi atau tidak sehat ini juga mempengaruhi seseorang bisa stres.

Ada juga penyebab stres lainnya yaitu terlalu banyak berpikir tidak puas dengan apa yang ada padanya. Ekspetasi versus realita tidak sebanding. Penyakit hedonismenya di Jakarta itu tinggi, ujar Elizabeth.

Adanya  perilaku negatif juga berpengaruh pada seseorang yang akan menjadi stres. Seperti gaya hidup yang tidak sehat, merokok serta kurangnya aktivitas fisik.

Kemudian, yang berpengaruh lainnya seperti kondisi dan dinamika kehidupan. Seperti, perceraian, masalah relationship hingga masalah ekonomi.


Sumber: akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati