Langsung ke konten utama

Kulit Bermasalah, Tak Ada Gunanya Beralih ke Produk Bayi

dr. Srie Prihianti, Sp.KK, PhD, FINSDV, FAADV (Sumber: Google)

Masalah kulit merupakan permasalahan yang umum terjadi pada banyak orang. Faktor penyebabnya sangat banyak, salah satunya akibat produk skincare.

Biasanya jika sudah terkena masalah kuliat, tak sedikit yang beralih pada produk bayi. Tapi apakah cara penanganan ini sudah tepat?

"Kita tahu bersama bahwa produk bayi itu mild. Sehingga ketika mereka memiliki kelainan kulit apapun atau sedang bermasalah, menggunakan produk bayi, salah satunya sabun. Sayangnya, ini tidak tepat," kata dr. Srie Prihianti, Sp.KK, PhD, FINSDV, FAADV.

Dokter yang aktif sebagai Ketua KSDAI (Kelompok Studi Dermatologi Anak Indonesia) itu juga mengatakan, sabun bayi yang pembersihnya sangat lembut tersebut dibuat sesuai kebutuhan kulit bayi.

Sehingga, jika digunakan untuk kulit orang dewasa yang produksi kelenjar minyaknya sudah lebih banyak, aktifitas sudah padat, daya pembersih dari sabun bayi itu tidak akan maksimal.

(Sumber: Google)

"Jangankan bayi ke dewasa, perawatan bayi dan anak-anak yang sudah lebih besar aja berbeda. Anak sudah sekolah, kena kotoran, polusi, jadi dia butuh produk yang lebih bisa membersihkan dirinya," tambahnya.

Jadi tujuannya untuk membersihkan kulit, memperbaiki keadaan kulit dengan menggunakan produk bayi, khususnya sabun, tidak akan bisa tercapai ya.

Saran dari dokter Srie, kalau ada masalah dengan kulitmu, hindarilah sabun yang mengandung antiseptik.

Sabun antiseptik dapat mengangkat struktur lipid. Kalau bagian ini terangkat, malah bisa menjadi masalah baru. Sabun dengan antiseptik hanya digunakan dalam kondisi tertentu, misalnya ada infeksi.


Sumber: akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati