Langsung ke konten utama

Ngaku Orang Jakarta? Coba Aplikasi 'Betawi Akses'

(Sumber: Istimewa)

Kamu orang Jakarta? Cobain nih aplikasi 'Betawi Akses' yang dibuat oleh Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB) dan Jatis. Aplikasi tersebut berguna untuk menjadi jendela informasi, referensi, dan etalase bisnis kebetawian  kamu.

'Betawi Akses' telah resmi diluncurkan pada Sabtu (3/11) di Citywalk Sudirman, Jakarta Pusat. Peluncuran dilakukan di sebuah seminar Seminar Pendidikan “Membangun Karakter Bangsa Berbasis Budaya Betawi di Era Milenial”.

Seminar tersebut dihadiri lebih dari 1.000 guru dari Jakarta dan sekitarnya, para penggerak pelestarian dan pengembangan budaya Betawi di bidang pendidikan.

“Kehormatan bagi LKB, peluncuran aplikasi Betawi Akses ini dapat dilakukan bersama para guru, karena hanya lewat pendidikan yang baik di kalangan generasi muda, sebuah budaya dapat terus bertahan dan berkembang. Betawi Akses adalah salah satu cara Betawi merespons era milenial,” kata Ketua Umum LKB, Beki Mardani dalam siaran pers LKB di Jakarta.

Beki menjelaskan, aplikasi 'Betawi Akses' sudah bisa diunduh di Android. Boleh disebut sebagai aplikasi pertama yang menggabungkan berita dan referensi kebetawian dengan akses bisnis penggunanya.

(Sumber: Istimewa)

Kanal-kanalnya antara lain “Jendela”, yang menampilkan informasi dan referensi Betawi. Isinya bisa soal pakaian, kuliner, tari, musik, dll termasuk info dari TV Betawi yang terus dikembangkan kontennya.

Juga ada kanal “Warung” yang bertujuan memberdayakan ekonomi masyarakat, sekaligus memudahkan melakukan transaksi dunia maya. Semisal fitur pembelian pulsa, pembayaran token listrik, pembayaran BPJS, hingga pembelian paket data internet.

Bahkan ada juga kanal “Chats” yang memungkinkan sesama pengguna “Betawi Akses” melakukan percakapan seperti di platform media sosial lainnya. Fitur ini mirip seperti Whatsapp.

'Betawi Akses' bersama website resmi LKB akan terus dikembangkan sehingga kelak menjadi “one-stop-shopping” informasi, referensi, dan etalase bisnis.

Diharapkan kedepannya aplikasi ini bisa memuaskan dahaga informasi, sekaligus menggerakkan roda perekonomian orang Betawi khususnya, dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Sumber: akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati