Langsung ke konten utama

Bambu Gila, Atraksi Menegangkan dari Maluku

Atraksi bambu gila (Sumber: instagram)

Jika berbicara atraksi wisata, salah satu permainan tradisional dari Maluku ini pasti bakal menyita perhatianmu. Sebenarnya ini cuma tentang bambu. Tapi bukan sembarang bambu.

Bambu ini diambil dari hutan, dan sudah terlebih dahulu melewati ritual khusus. Tetua di Maluku biasanya memilih bambu dengan diameter 8 sampai 10 cm, dengan panjang lebih dari 3 meter. 

Mereka lalu mengikatkan kain pada kedua ujungnya, dan semenjak saat itu, bambu ini diperlakukan layaknya seperti seorang manusia. Dijaga. Kemudian, atraksi dimulai!

Seorang pawang akan membakar kemenyan yang ditaruh di dalam sebuah tempurung kelapa. Asap kemenyan ini kemudian ditiupkan masuk ke dalam bilah bambu ini. Di sinilah mulai diucapkan beberapa mantra untuk memanggil roh atau sesuatu yang gaib, masuk ke dalam bambu.

Wajar jika masyarakat Maluku sangat dekat dengan permainan bambu ini. Karena sebelum agama Kristen dan Islam masuk di Tanah Maluku, permainan dengan nama asli baramasewel  ini sudah ada.

(Sumber: viva.co.id)

Memainkan bambu gila ini Sebenarnya cukup sederhana, meski tak sembarang orang bisa memainkannya. Bambu yang sudah dimasuki roh gaib tadi akan bergerak dengan sendirinya, dan para pemain harus menahan laju bambu yang bergerak tak tentu arah. Arahnya akan sesuai dengan arahan pawangnya yang sembari terus melafalkan mantra-mantra untuk tetap menggerakkan bambu itu. Bambu ini akan berhenti jika ia selesai memerintahnya.

Kamu bisa diikutsertakan dalam permainan ini, tapi ada resikonya. Karena sebenarnya, tidak sembarang orang yang dipilih untuk bermain bambu gila ini. Jika kamu tak tahan dengan hal mistis, sebaiknya cukup menonton saja.

Masyarakat akan berjubel untuk menonton jika ada pertunjukan ini. Biasanya, para pemain mengenakan ikat kepala warna merah, dan hanya memakai celana, tanpa baju.

Permainan ini biasanya diiringi dengan tabuhan musik yang jika musik ini dimainkan semakin cepat, maka gerakan bambu juga akan semakin cepat mengikutinya.

Gerakan liar bambu hanya bisa dihentikan oleh pawangnya. Para pemain tak akan bisa menghentikannya. Ini adalah salah satu kekayaan tradisi Indonesia yang merakyat dari kebudayaan Maluku.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati