Langsung ke konten utama

Terlalu Sering Mencuci Muka Juga Tidak Baik, Lho

dr. Irmadita Citrashanty, SpKK (Sumber: akurat.co)

Kegiatan mencuci muka merupakan hal yang baik untuk dilakukan setiap orang dalam perawatan wajah. Namun apabila dilakukan secara berlebihan, juga tidaklah baik. Ada risikonya.

Jika terlalu sering, akan ada pengikisan yang terjadi pada kulit wajah. Hal itu disampaikan oleh dr. Irmadita Citrashanty, SpKK.

"Membersihkan wajah tidak perlu terlalu sering karena tidak baik. Ada orang yang cuci muka 3 sampai 4 kali sehari, itu salah. Membersihkan muka terlalu sering tidak sehat karena mengikis lapisan lemak dan air yang ada di kulit kita," ungkapnya.

Lapisan air dan lemak yang ada di kulit sendiri memiliki fungsi yang diperlukan oleh kulit. Lemak itu sebetulnya yang berfungsi untuk mencegah air di kulit kita supaya tidak menguap

Kalau sering cuci muka, lemaknya akan terkikis dan membuat menguap. Karena setelah mencuci muka, kulit biasanya terasa kering.

Lebih lanjut, dr. Irma juga memberi saran kepada orang-orang yang memang harus mencuci muka sering-sering adalah ketika berwudhu.

"Tapi dilemanya kita juga butuh air, jadi sebenarnya setelah cuci muka atau wudhu sebaiknya kita lanjutkan dengan penggunaan krim. Karena krim tadi dapat menggantikan lemak yang hilang supaya tidak gampang menguap airnya," tutupnya.


Sumber: akurat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati