Langsung ke konten utama

5 Makanan Ini Dilarang untuk Dipanaskan Lagi, Lho

Banyak orang yang kembali memanaskan makanan yang sudah dingin sebelum dikonsumsi. Selain karena efektif dan efisien, makanan hangat membuat orang lebih berselera untuk memakannya.

Tapi sayangnya tidak semua makanan aman dikonsumsi setelah dipanaskan berulang kali. Beberapa di antaranya justru kandungan zat vitamin dan protein berkurang bahkan bisa jadi beracun. Kira-kira makanan apa saja ya yang dilarang dipanaskan lagi?

  • Bayam

(Sumber: Google)

Sayuran bayam banyak mengandung zat besi, kaya vitamin dan tinggi serat. Karena itulah, setelah beberapa jam dimasak, bayam akan berubah warna menjadi kehitaman. Jika masih ada sisa dari sayuran bayam sebaiknya jangan dihangatkan kembali karena bisa memunculkan zat karsinogenik yang memicu kanker.

  • Daging ayam

(Sumber: tribunnews.com)

Daging ayam merupakan makanan enak dengan harga ekonomis namun masih memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dan rendah lemak. Ketika daging ayam dimasak atau dipanaskan kembali, komposisi protein yang dikandungnya akan berubah yang bisa menyebabkan masalah pencernaan.

Meski begitu, daging ayam masih boleh dipanaskan jika matang secara keseluruhan. Tidak hanya matang atau panas di luarnya saja, tapi juga di dalamnya.

  • Kentang

(Sumber: hellosehat.com)

Salah satu jenis ubi jalar ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Kentang mengandung zat besi dan karbohidrat yang baik untuk menutrisi otak. Tapi meski demikian, olahan lauk berbahan kentang tidak bisa dihangatkan berulang kali karena kandungan gizi pada kentang akan menguap dan hilang.

  • Jamur



Ada banyak jenis jamur yang tumbuh di Indonesia seperti jamur tiram, kancing, shiitake, merang, hingga kuping. Berbagai jenis masakan bisa dicampur dengan jamur sebagai tambahan.

Tapi sayangnya, jamur tidak boleh dipanaskan berulang kali karena kandungan protein pada jamur akan berubah menjadi senyawa yang berbahaya bagi tubuh. Jika dipaksakan, efeknya bisa menyebabkan diare atau masalah pencernaan lainnya.

  • Nasi

(Sumber: Google)

Di Indonesia, nasi menjadi bahan makanan pokok yang tak bisa dilewatkan. Kandungan karbohidrat dan kalori pada nasi bisa dijadikan sumber energi utama. Namun sayangnya, mulai dari sekarang cobalah untuk berhenti keseringan menghangatkan sisa nasi.

Karena ketika memanaskan kembali nasi akan menyebabkan pertumbuhan spora yang akan berkembang biak saat nasi tersebut mendingin kembali. Spora ini menghasilkan bakteri dan kuman sehingga bisa menyebabkan diare atau muntah-muntah.


Sumber: akurat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati