Langsung ke konten utama

Erdogan Sebut Bahwa Pelaku Teror Selandia Baru Telah Targetkan Turki

Recep Tayyip Erdogan (Sumber: Reuters)

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan menunjukkan rekaman video serangan di 2 masjid Selandia Baru yang menewaskan 50 orang saat kampanye pemilu.

Erdogan menyatakan tersangka penembakan itu pernah membuat berbagai ancaman terhadap muslim Turki. Ia menjelaskan, tersangka pernah 2 kali mengunjungi Turki dan memperingatkan warga Turki agar tidak memiliki tempat di Eropa.

Menurut Erdogan, otoritas Turki sedang menyelidiki kunjungan dan kontaknya di negara tersebut. Presiden Turki menunjukkan video, termasuk manifesto online dan tayangan penembakan yang telah dibuat blur, melalui layar besar pada para pendukungnya dalam kampanye pemilu.

“Kita tidak ingin melihat konflik salib dan bulan sabit lagi,” kata Erdogan merujuk konflik antara Kristiani dan Muslim.

Pelaku penembakan di mesjid Selandia Baru (Sumber: tribunnews.com)

Dia menjelaskan, pelaku penembakan pernah mengatakan dia ingin muslim Turki dipindahkan dari wilayah Eropa. Mayoritas muslim Turki banyak tersebar di Eropa dan sebagian di Asia yang dikenal sebagai Anatolia.

Kota terbesar Turki, Istanbul, terpecah antara bagian Asia di Bosphorus timur, dan bagian Eropa di Selat Bosphorus bagian barat.

“Orang jahat yang membunuh 49 saudara dan saudari itu mengatakan kita dapat tinggal di sisi Anatolia, kita tidak bisa melintasi sisi Eropa. Kamu pikir kamu siapa?” ujar Erdogan, dilansir Al Jazeera.

Peta dunia timur tengah (Sumber: Google)

Sumber keamanan Turki menjelaskan, pelaku penembakan bernama Tarrant itu masuk Turki 2 kali pada tahun 2016, selama sepekan pada Maret dan lebih dari sebulan pada September. Otoritas Turki mulai menyelidiki semuanya dari catatan hotel hingga rekaman kamera untuk mengetahui alasan kunjungannya.

“Pelaku menargetkan negara kita, bangsa kita dan saya sendiri. Negara-negara penjuru dunia, khususnya di Barat, perlu menjaga agar tidak terjadi penguatan Islamophobia,” kata Erdogan.


Sumber: akurat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati