Langsung ke konten utama

Ini Lho Bahayanya Menahan Buang Air Kecil

Kebutuhan untuk buang air kecil merupakan suatu hal yang alami. Mengeluarkan urine berguna untuk memberantas semua kotoran dan sisa-sisa pencernaan yang tak dibutuhkan dalam tubuh.

Meskipun begitu, terkadang kita sering sengaja menahan buang air kecil pada momen-momen tertentu. Kebiasaan menahan kencing dalam waktu yang lama akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Begini dampak buruknya jika terlalu lama menahan buang air kecil.

  • Infeksi saluran kemih

(Sumber: Shutterstock)

Penyakit ini disebabkan dari bakteri yang tertampung pada uretra. Kamu merasakan ingin buang air kecil terus, namun juga merasakan sakit pada uretra. Dengan buang air kecil sebenarnya kita membuang bakteri yang secara cepat berkembang biak.

  • Infeksi kandung kemih

(Sumber: Google)

Akibat sering menahan buang air kecil, bakteri yang menumpuk dan berkembang biak bisa menjadi lebih parah dan menyebar hingga ke ginjal. Biasanya infeksi kandung kemih ini lebih mudah menyerang wanita karena saluran uretra wanita lebih pendek daripada pria.

  • Pembengkakan kandung kemih

(Sumber: Shutterstock)

Banyak minum merupakan hal yang wajib karena bisa membersihkan ginjal dengan cara membilasnya dan mengeluarkannya melalui urine. Umumnya kandung kemih bisa menyimpan hingga 15 ons sisa-sisa pembuangan.

Jika melewati batas itu, urine harus segera dikeluarkan agar kandung kemih tidak membengkak dan tetap pada kondisi normal.

  • Batu ginjal

(Sumber: Shutterstock)

Menahan kencing bisa menyebabkan orang terkena batu ginjal. Batu ginjal merupakan batu-batu kecil yang terbentuk dari mineral dan garam asam yang tersimpan dalam ginjal.

Jika endapan ini tidak dikeluarkan secara teratur melalui urine, maka akan membentuk batu atau kristal dan menyebabkan rasa sakit saat buang air kecil.

  • Gagal ginjal

(Sumber: Shutterstock)

Sering menahan kencing memang tidak langsung mengakibatkan gagal ginjal. Namun jika ginjal terkena infeksi, maka bisa menyebabkan gagal ginjal. Penyakit ini memerlukan perhatian medis untuk mengeluarkan racun agar fungsi ginjal kembali normal.

Sekarang jadi tahu kan kalau kebiasaan menahan buang air kecil bisa menjadi bahaya yang serius? Makanya jangan ditahan-tahan lagi ya jika memang ingin buang air kecil!


Sumber: akurat

Komentar

  1. Ini untuk memberi tahu masyarakat umum pria atau wanita yang sehat dan sehat
    100% serius tentang penjualan ginjal mereka harus menghubungi Dr rahmat
    Rumah sakit sesegera mungkin.
    Surel; drmercyhospital686@gmail.com Kami memiliki banyak pasien yang saat ini membutuhkan transplantasi ginjal., apakah Anda
    Mencari peluang untuk menjual ginjal Anda demi uang karena masalah keuangan
    rusak dan kami akan membeli ginjal Anda untuk jumlah 800.000 euro untuk ginjal.
    Dan kami juga memiliki HIV / bantuan penyembuhan, jika Anda membutuhkan penyembuhan juga
    kirim email kepada kami sekarang,
    SUREL; drmercyhospital686@gmail.com
    WhatsApp: +2348100367800
    whatsapp +491639478840
    Hormat kami,
    Rumah sakit Dr.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati