Langsung ke konten utama

Kapan Sih Waktu Terbaik untuk Eksfoliasi? Pagi atau Malam?

(Sumber: kompas.com)

Walaupun kulit manusia diregenerasi secara alami setiap 28 hari sekali, namun, seiring bertambahnya usia, proses ini akan menjadi lebih lambat. Untuk itu, melakukan eksfoliasi atau pengangkatan sel kulit mati merupakan salah satu perawatan kulit yang sangat penting.

Karena jika tidak dilakukan, kulit mati yang menumpuk akan menimbulkan banyak masalah kulit. Mulai dari kulit kusam, kulit kasar, berjerawat, komedo, warna kulit tak merata, dan masih banyak lagi.

Walaupun eksfoliasi adalah salah satu perawatan yang penting dilakukan, masih banyak yang belum memahami eksfoliasi lebih jelas. Seperti, adakah waktu terbaik dalam melakukan eksfoliasi?

Affi Assegaf (Sumber: akurat.co)

"Kapan waktu terbaik eksfoliasi adalah tergantung pada bentuk eksfoliasinya. Kalau bentuknya soft, mau pagi atau malam tidak masalah. Tapi aku saranin sih pada malam hari penggunaanya," kata beauty influencer, Affi Assegaf.

Menurutnya, jika eksfoliasinya mengandung AHA (Alpha Hydroxy Acid) dan BHA (Beta Hydroxy Acid), biasanya memang dilakukan pada malam hari. Karena pada kulit kebanyakan orang, akan lebih sensitif pada sinar matahari setelah eksfoliasi.

AHA dan BHA sendiri adalah senyawa asam yang efektif untuk eksfoliasi atau pengelupasan sel kulit mati, yang tidak dapat terlepas sempurna secara alami sehingga masih menempel pada kulit. AHA dan BHA ini akan mengelupaskan kulit sedemikian rupa, bekerja pada permukaan kulit saja.

(Sumber: viva.co.id)

"Malam hari juga lebih banyak waktu untuk melakukan step skin care yang lebih banyak kan, kemudian tidak sedikit juga yang mengalami kemerahan setelah eksfoliasi, sehingga dapat mengganggu penampilan jika melakukan eksfoliasi di pagi hari. Kan gak percaya diri juga, kerja, kuliah, aktivitas lainnya, dengan muka merah-merah," jelasnya.

Alasannya memilih malam hari juga karena saat beristirahat, penetrasi semua zat-zatnya lebih optimal.

Dirinya juga menegaskan, untuk pagi hari jangan pernah lupa untuk tetap memakai sunscreen dengan salah satu tujuan eksfoliasi yaitu mencerahkan kulit, menghilangkan noda hitam. Jika terkena sinar matahari dan tanpa proteksi, manfaat eksfoliasi akan tidak optimal.


Sumber: akurat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati