Langsung ke konten utama

Kesalahan-Kesalahan Ini Bisa Pengaruhi Kehidupan Anak Hingga Dewasa

(Sumber: kompasiana.com)

Setiap orang tua memiliki tanggung jawab untuk membesarkan anak dengan memberikan pola asuh yang baik agar anak bahagia dan sukses. Sayangnya, tak jarang orang tua yang gagal dalam mengasuh anak yang tentunya akan berdampak pada kehidupan anak di masa dewasa.

Berikut ini beberapa kesalahan orang tua yang dapat mempengaruhi kehidupan anak.

  • Semua keputusan mutlak dari orang tua

Brightside.me menulis, terkadang orang tua lupa bahwa anak-anak nantinya akan tumbuh dewasa. Bila tidak diberi kesempatan atau diajarkan mengambil keputusan, anak-anak tidak bisa tumbuh secara emosional dan akan mengalami masalah dengan pergaulan. Mereka juga tak dapat mengambil keputusan sendiri.

  • Tidak membiarkan anak untuk memilih

(Sumber: detik.com)

Ketika orang tua membuat keputusan untuk anak, sama saja mereka membuat anak tak mandiri. Sebab, setiap anak harus memiliki hak untuk membuat pilihan. Ketika tidak bisa memilih, anak tak dapat memecahkan masalah. Mereka akan selalu membutuhkan orang di sekeliling mereka.

  • Sering berdebat di depan anak

Orang tua yang sering berdebat di depan anak telah melakukan kesalahan besar. Anak mungkin akan berfikir bahwa mereka harus disalahkan. Terutama bagi anak perempuan, secara tidak sadar mencoba menunjukan kepada pria bahwa mereka lebih kuat dari pria.

  • Menuntut hal yang mustahil

(Sumber: idntimes.com)

Anak selalu mempercayai orang dewasa dalam kehidupan mereka. Jika gagal, meraka berpikir bahwa mereka adalah pecundang yang tak pantas dicintai. Selain itu, kegagalan akan membuatnya tertekan. Ini tak baik untuknya.

  • Ayah kurang memberi perhatian terhadap anak

Kurangnya perhatian dari ayah akan mempengaruhi kehidupan masa depan anak laki-laki dan perempuan. Ini kebanyakan  tentang keluarga dimana ayah tak cukup memberikan perhatian kepada anak. Padahal, keberanian anak dan perkembangan pribadi akan bergantung pada ayah mereka. 


Sumber: akurat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati