Langsung ke konten utama

Selama Bulan April, MRT Berikan Harga Diskon 50%

(Sumber: jakartamrt.co.id)

Angkutan massal Moda Raya Terpadu (MRT) mulai beroperasi secara komersial pada Senin (1/4) setelah tuntas melalui fase uji coba publik pada Maret 2019.

Tarif moda angkutan ini sudah ditetapkan oleh Gubernur Anies Baswedan dan Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi. Harga untuk jarak terjauh yakni Lebak Bulus, mencapai Rp 14.000 sekali naik dan harga terdekat antar stasiun Rp 3.000. 

Tarif ini tertuang dalam Pergub Nomor 34 Tahun 2019 tentang Tarif Angkutan Perkeretaapian Mass Rapid Transit dan Kereta Api Ringan/Light Rail Transit.

Pada bulan pertama pengoperasian komersial ini, MRT akan memberikan potongan harga tiket sebesar 50%. Hal ini untuk menarik minat warga Ibukota untuk menggunakan transportasi kereta modern ini.

"Jadi, kalau sesuai tarif dari Lebak Bulus ke Bundaran HI itu Rp. 14.000 rupiah, selama 1 bulan, hanya akan dikenakan Rp. 7.000 rupiah sekali jalan. Juga, misal dari Dukuh Atas ke Fatmawati yang seharusnya 12.000 rupiah, hanya akan Rp 6.000. Dari Bundaran HI ke Dukuh Atas yang seharusnya Rp 3.000, hanya akan Rp 1.500," kata Anies.

Anis Baswedan dan Prasetio Edi Marsudi (Sumber: kompas.com)

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menyebut kebijakan diskon 50% tersebut merupakan usulan dari PT MRT Jakarta. Usulan tersebut kemudian dilaporkan kepada dirinya melalui surat yang dikirim oleh Dirut PT MRT Jakarta, William P. Sabandar. 

“Tarifnya mengacu pada Pergub tersebut. Diskon diberikan oleh MRT Jakarta dengan mengirim surat,” tambahnya.

MRT Jakarta, berharap dengan adanya diskon 50% tersebut, dapat memberikan ruang yang lebih besar bagi masyarakat untuk menggunakan MRT Jakarta. 

“Selain itu, juga untuk mengedukasi masyarakat untuk mengubah budaya transportasi dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum,” harapnya.

Pengoperasionalan MRT Jakarta akan mulai berlaku pada pukul 05.30 WIB. Kereta pertama  berangkat pukul 05.30 WIB dari Stasiun Lebak Bulus dan Stasiun Blok M menuju Stasiun Bundaran HI.

Sementara itu, kereta pertama Ratangga dari Stasiun Bundaran HI menuju Stasiun Lebak Bulus berangkat pukul 05.36 WIB. Kemudian, dilanjutkan setiap 10 menit sekali untuk kereta berikutnya.


Sumber: akurat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati