Langsung ke konten utama

Anis: Pencemaran Air Tidak Hanya di DKI, Ini Masalah Nasional

Gubernur DKI Jakarta, Anis Baswedan (Sumber: Google)

Buih putih kembali mencemari Kali Sentiong atau Kali Item, Kemayoran Jakarta Pusat. Fenomena ini sebelumnya pernah mencuat menjelang penyelenggaraan Asian Games 2018. Gubernur DKI menuturkan, buih di Kali Sentiong diduga berasal detergen yang digunakan warga untuk mencuci.

"Karena kita terus menerus mencuci. Kalau kita masih mencuci dengan detergen seperti ini ya pasti selalu muncul limbah," kata Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menyebut limbah detergen tidak hanya mencemari sungai di Jakarta. Anies mengatakan limbah detergen mencemari sungai di seluruh Indonesia.

"Apakah (sungai tercemar detergen) hanya terjadi di Jakarta? Tidak. Kejadian yang sama juga terjadi di seluruh Indonesia," tegasnya.

Kali Sentiong dipenuhi buih (Sumber: tempo.co)

Anies menilai masalah pencemaran sungai oleh detergen sudah masuk skala nasional. Oleh sebab itu, Anies mendorong kepada semua pihak agar menggunakan detergen ramah lingkungan ketika mencuci.

"Bedanya di sana (di daerah lain ) tak banyak media sebanyak kita, tak ada yang memotret, enggak ada yang mengangkat ke media sosial. Padahal ini masalah nasional, karena itu harus diselesaikan secara nasional. Kita harus dorong pada jenis-jenis detergen yang bersahabat pada lingkungan," tuntasnya.

Pada kasus sama yang terjadi pada awal bulan Januari 2019 lalu, Anies juga mengatakan pemicunya adalah detergen. Buih itu muncul saat pompa mengalirkan air dari Kali Item. Kandungan limbah detergen pun teraduk dan membentuk buih.

"Kita lihat bahwa limbah detergen dari berbagai sumber, khususnya rumah tangga itu sangat luar biasa tinggi," kata Anies.


Sumber: akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati