Langsung ke konten utama

GBN 2019 Kali Ini Lebih Fokus ke Batik Sumatera

(Sumber: Google)

Yayasan Batik Indonesia tahun ini kembali menggelar Gelar Batik Nusantara (GBN). Kali ini mengusung tema 'Lestari Tak Terbatas' dengan highlight utama ragam batik Sumatera.

Tema yang yang diangkat tersebut memiliki arti bahwa batik sebagai warisan luhur, tak lagi berkonotasi kuno, melainkan menceritakan kebebasan, keceriaan dan kedinamisan. Acara ini juga sekaligus mempromosikan dan mengembangkan batik Indonesia.

Menurut Ginanjar Kartasasmita, Ketua Yayasan Batik Indonesia, pemilihan batik Sumatera untuk dijadikan highlight utama memiliki alasan tersendiri.

Beberapa contoh corak batik Sumatera (Sumber: republika.co.id)

"Batik banyak kita tahu berasal dari pulau Jawa saja, padahal Indonesia memiliki keragaman batik. Kita mulai dulu dari Sumatera, baru ke beberapa daerah lain. Kami ingin batik di seluruh provinsi mendapat perhatian dan bisa memperdalam dengan tradisi masing-masing," ucapanya.

GBN 2019 akan diselenggarakan pada 8-12 Mei 2019 di Main Lobby dan Assembly Hall, Jakarta Convention Center mulai pukul 10:00 WIB-21:00 WIB dengan biaya masuk 20 ribu rupiah saja.

Nantinya, akan ada 280 booth yang menampilkan ragam batik dari Sabang sampai Merauke. Tak hanya menawarkan ragam batik, akan ada juga program menarik untuk generasi milenial.

Ketua Yayasan Batik Indonesia (tengah), Ginanjar Kartasasmita (Sumber: akurat.co)

"Untuk menarik generasi milenial, ada program menarik seperti fashion show, creative corner. Khusus 9 Mei, pengunjung gratis untuk masuk dan akan ada doorprize menarik yang akan diumumkan di akhir pameran," kata Wida D. Herdiawan, ketua panitia GBN 2019.

Spesialnya, akan ada peserta difabel dan dari komunitas autis yang akan memberi pesan bahwa batik adalah milik semua orang.

"Nanti selain ada pengrajin, akan ada peserta difabel dan dari komunitas autis nanti mereka akan ikut membatik. Ini langkah yang bagus sekali," lanjutnya.

Jadi, bagi kalian yang suka dengan batik, wajib hadir di GBN 2019. Karena banyak ragam batik khas dari Indonesia bisa kamu dapatkan.


Sumber: akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati