Langsung ke konten utama

Mari Kenali Gejala Eksim dan Penanganannya

(Sumber: doktersehat.com)

Eksim menjadi salah satu permasalahan kulit yang muncul akibat peradangan kulit. Gejala eksim biasanya ditandai dengan rasa gatal, kemerahan, kering hingga pecah-pecah dan kasar pada kulit.

Ada berbagai penyebab yang menjadikan eksim timbul. Salah satunya karena kebanyakan abai terhadap perawatan kulit. Hal ini disampaikan oleh dr. Kardiana Purnama Dewi Sp. KK.

"Ada banyak faktor untuk eksim jadi timbul di kulit berawal dari kulit kering, baik bagi siapapun, tua maupun muda. Penyebab kulit kering juga beragam seperti malas menggunakan body lotion, sering terkena AC, paparan sinar matahari, polusi udara, perubahan cuaca, sering mandi menggunakan air panas, sering pakai anti-septik dan kebiasaan mengonsumsi junk food," ungkapnya.

Ia juga menambahkan bahwa penggunaan lotion secara rutin bisa membantu mengurangi eksim yang terjadi di kulit.

dr. Kardiana Purnama Dewi Sp. KK (Sumber: akurat.co)

"Pakai lotion secara teratur bisa buat eksim bisa berkurang, tetapi kadang bisa juga kambuh karena kurang vitamin D. Kalau begitu, si pasien saya suruh berjemur, tapi bukan di bawah paparan sinar matahari langsung," tambahnya.

Lebih lanjut, dr. Dewi juga menyarankan beberapa hal ini terkait eksim.

"Untuk menghindari efek buruk sinar matahari, sebaiknya gunakan tabir surya sejak pukul 8 hingga 5 sore. Kalau eksim sudah membuat tidak terasa nyaman, menganggu aktivitas sehari-hari, perlu periksa ke dokter," tutupnya.


Sumber: akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati