Langsung ke konten utama

Agar Karirmu Tidak Stagnan, Atur Waktumu dengan Lakukan 5 Hal Ini

Dalam perjalanan karir, ada banyak faktor yang bisa membuat langkah seseorang terhenti. Gangguan, tantangan, ataupun hambatan bisa saja terjadi dan membuat karirmu stagnan. Meskipun faktor-faktor tersebut tidak dapat dihindari, kamu bisa memainkan manajemen waktu untuk menghadapinya.

Melansir dari berbagai sumber, berikut langkah-langkah untuk menyusun jadwal agar kamu bisa mengelola waktu seefisien dan seefektif mungkin dalam bekerja.

1. Mencatat kegiatan harian

(Sumber: romadecade.org)

Hal yang paling dasar dari manajemen waktu adalah pencatatan. Dengan mencatat segala hal yang kamu lalui seperti kegiatan atau proyek, kamu bisa menentukan alokasi waktu masing-masing. Tidak harus setiap hari, di akhir minggu atau 3 hari sekali pun bisa berdampak baik.

2. Susun rencana 30 menit setiap awal hari

(Sumber: wikihow.com)

Pastikan kamu meluangkan waktu 30 menit setiap awal hari untuk merencanakan segala hal yang akan kamu lakukan hari itu. Usahakan untuk tidak memulai hari sebelum menyusun rencana. Tidak hanya membuat kegiatanmu lebih terjadwal, berbagai gangguan juga dapat dihadapi dengan efektif.

3. Siapkan waktu untuk gangguan yang direncanakan

(Sumber: imgix.net)

Menyiapkan waktu untuk gangguan bisa dilakukan dengan melihat kebiasaan yang telah kamu lakukan setiap harinya. Gangguan seperti tugas dadakan, revisi kerjaan, dinas keluar mendadak, dan lainnya juga harus kamu alokasikan.

4. Buat target dari hasil yang akan dicapai

(Sumber: Pexels)

Setiap percakapan, kegiatan, dan juga proyek yang sedang atau akan kamu lakukan haruslah memiliki target. Rencanakan di awal hari dan review di akhir hari. Agar nantinya kamu juga dapat terus berkembang dan bisa lebih efektif dalam bekerja.

5. Buat janji dengan diri sendiri

(Sumber: moneysmart.id)

Rencanakan setiap akhir minggu, 2 kali sebulan, atau sekali sebulan untuk melakukan review atau menganalisa apa yang sudah kamu lakukan dalam catatanmu. Tanyakan pada dirimu sendiri, apakah kamu puas atau perlu meningkatkan kemampuan lagi untuk bekerja lebih efektif dan efisien.

Pengelolaan waktu tidak bersifat tetap. Dalam perkembangannya, mengelola waktu juga bisa berubah sesuai keadaan dan lingkungan. Jadi, semangatlah bekerja dan atur dirimu dengan baik!


Sumber: akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati