Langsung ke konten utama

Pemerintah Akan Kembangkan 6 Kota Metropolitan

(Sumber: Google)

Menteri PPN, Bambang Brodjonegoro mengatakan, pemerintah terus bertekad mengurangi kesenjangan yang selama ini terjadi di sejumlah wilayah Indonesia. Salah satu langkahnya adalah memindahkan Ibu Kota dari Jakarta.

Selain itu, pemerintah juga akan mengembangkan 6 kota metropolitan dalam kurun waktu 6 tahun mendatang. Keenamnya ada di luar Pulau Jawa.

"Untuk mengurangi kesenjangan antara Jawa dan luar Jawa, kami juga kembangkan 6 wilayah metropolitan 6 tahun ke depan. Medan, Pelambang, Banjarmasin, Makassar, Manado, dan Denpasar. Itu untuk memecah kegiatan ekonomi di luar Jawa, sebagai upaya untuk menyebarkan kegiatan ekonomi," ucapnya dalam diskusi media bertajuk 'Berapa Lama Membangun Ibu Kota Baru?' di Kantor Staf Presiden, Jakarta, Senin (13/5).

(Sumber: businesstoday.id)

Langkah tersebut diharapkan bisa turut mendorong pembangunan di Kalimantan. Sebab, Kalimantan merupakan salah satu pulau yang kegiatan ekonominya sangat bergantung pada harga komoditas.

"Kegiatan ekonominya terpengaruh rendahnya komoditas dan ketergantungan terhadap sumber daya alam," katanya.

Bambang menjelaskan, Indonesia selama ini dikenal merupakan negara kesatuan. Maka, dibutuhkan suatu rentang kendali yang lebih efektif dan efisien agar Ibu Kota pemerintahan yang baru lebih ke tengah. Dan yang terpenting lagi, merupakan hasil pemikiran ide bangsa Indonesia.

"Tidak sekadar melanjutkan apa yang sudah disiapkan pemerintah kolonial. Indonesia ini luas. Kita tidak sadar bahwa Jakarta-Jayapura terbang langsung 5 jam. Itu cukup jauh," ujarnya.


Sumber: akurat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati