Langsung ke konten utama

Pemerintah Siapkan 4 Strategi Untuk Pembentukan Smart City

(Sumber: Google)

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tawarkan 4 strategi untuk mendorong pembangunan kota cerdas di Indonesia melalui program Gerakan Menuju 100 Smart City 2019

Gerakan Menuju 100 Smart City program pendampingan dan pengembangan Kabupaten kota dalam menyusun rencana menjadi kota cerdas, yang dilaksanakan sejak 2017 dan 2018.

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo; menyatakan, pemerintah pusat khususnya Kemendagri telah mempersiapkan 4 strategi sebagai upaya mewujudkan kota cerdas (smart city) di 100 kabupaten dan kota di Indonesia.

"Pertama adalah mendorong penerapan sistem informasi dalam penyelenggaraan Pemerintah Daerah, baik dari sisi perencanaan maupun dari sisi penganggarannya," ujar Tjahjo, Rabu (15/5), dalam acara pembukaan Gerakan Menuju 100 Smart City 2019, Jakarta.

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo (Sumber: idntimes.com)

Strategi kedua, lanjut Tjahjo, adalah penyusunan Peraturan Daerah (Perda) terkait rencana pembangunan smart city yang berkelanjutan. Selain itu, pihaknya juga menyusun strategi perencanaan pembangunan kota dengan membuat analisis komprehensif berbasis data dan informasi yang update dan akuntabel.

Strategi selanjutnya adalah mendorong pemerintah kabupaten kota untuk mempercepat penyelesaian Perda mengenai rencana tata ruang daerah dalam rangka mendukung perkembangan smart city.

"Ini hal yang paling penting, mengenai tata ruang. Perdanya harus dipersiapkan oleh pemerintah kota dan kabupaten yang ada," jelasnya.

Menurut Tjahjo, inti dari smart city tidak hanya membangun dan mempelopori daerah agar menjadi kota cerdas, tetapi juga menjadi kota yang berprestasi.

Untuk itu, dirinya mengimbau kepada Kepala Daerah agar segera mengambil langkah-langkah yang strategis. Demi terlaksananya pengembangan smart city di 100 kabupaten kota yang ada di seluruh Indonesia.


Sumber: akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati