Langsung ke konten utama

Satu dari Tiga Pesawat Tempur Prancis Mulai Take Off dari Aceh

Pesawat tempur jenis Rafale milik Angkatan Laut Prancis (Sumber: akurat.co)

Pesawat tempur milik Angkatan Laut Prancis yang sebelumnya mendarat darurat di Lapangan Udara (Lanud) Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh, kembali take off, Minggu (19/5). Pesawat yang take off tersebut adalah 1 dari 3 pesawat Prancis yang mendarat.

Pesawat tersebut mengudara sekitar pukul 11.49 WIB. Rencananya, akan bertolak ke base pesawat kapal induk Charles De Gaule, milik Angkatan Laut Prancis.

Komandan Lanud Sultan Iskandar Muda, Kolonel Pnb Hendro Arief Herianto, mengatakan salah satu pesawat dapat kembali terbang setelah pihak Angkatan Laut Prancis melengkapi berkas administrasi penerbangan.

"Kembali lagi ke kapal induk mereka karena seluruh administrasi sudah penuhi," kata Hendro di Lanud Sultan Iskandar Muda.

Kapal induk Charles de Gaule (Sumber: law-justice.co)

Dua unit pesawat tempur jenis Rafale lainnya saat ini masih di parkiran di lanud karena salah satu pesawat mengalami kendala. Hendro mengatakan Angkatan Laut Prancis rencananya mengirimkan tenaga teknisi untuk memperbaikinya.

"Kemungkinan siang ini(tenaga teknisi datang)," ujar Hendro.

Sebelumnya diberitakan, 7 pesawat tempur jenis Rafale mendarat darurat di Lanud Sultan Iskandar Muda pada  Sabtu (18/5).

Cuaca buruk yang terjadi di sekitar wilayah kapal induk Charles De Gaule yang berada di 100 Nautical Mile dari barat Sumatera memaksa pilot mendaratkan pesawat sekitar pukul 11.45 WIB. Empat pesawat telah terlebih dahulu kembali ke kapal induk, pada Sabtu, sekitar pukul 19.00 WIB.


Sumber: akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati