Langsung ke konten utama

Survei Google: Saat Ini, Konsumen Tidak Begitu Perhatikan Spek Kamera Smartphone

Suasana kantor Google Indonesia usai acara Tech and Telco Talk (Sumber: akurat.co)

Survei Google menunjukan konsumen smartphone tidak lagi membeli perangkat berdasarkan fitur kamera. Mereka membeli smartphone dari sisi performa yang tinggi untuk mobilitas penggunanya.

"Bukan berarti kamera gak penting. Yang aku mau bilang adalah kamera itu sekarang masih penting, karena secara persentasi masih di angka 71 persen," ujar Senior Tech and Telco Industry Analyst Google Indonesia, Yudistira Adi Nugroho, pada acara Tech and Telco Talk, Rabu (8/5), di Kantor Google Indonesia.

Dirinya mengungkapkan, 87% pembeli smartphone saat ini menjadikan kecepatan perangkat sebagai faktor utama dalam membeli smartphone.

"Kecepatan itu kan bukan hanya (kinerja) handphone-nya doang yang cepat, cuma provider-nya juga musti cepat," ujarnya.

(Sumber: Google)

Selain itu, sebanyak 83% konsumen juga mencari ponsel yang memiliki daya tahan lama. Hal tersebut karena sebagian besar aktivitasnya ditunjang oleh perangkat ponsel pintar. Dirinya menyebut, penggunaan smartphone di Indonesia bisa mencapai 5 jam sehari. Pada jangka waktu tersebut, pengguna juga mengabadikan momen dengan mengambil foto ataupun video.

Berdasarkan survei Google, sebanyak 81% konsumen membeli ponsel pintar berdasarkan besar kapasitas memori penyimpanannya. Hal tersebut menunjukan bahwa fitur kamera bukan lagi menjadi faktor utama konsumen dalam menentukan ponsel pilihannya.

"Ketiga hal ini bahkan sudah menggeser kamera," jelasnya.

(Sumber: Google)

Kendati demikian, Corporate Marketing Director Samsung Indonesia, Elvira Jakub, menjelaskan dari sisi pasar masih banyak konsumen yang menanyakan spesifikasi kamera pada perangkat yang ingin dibelinya.

Menurutnya, pengguna smartphone di Indonesia masih bergantung pada kamera ponsel yang digunakannya, terutama konsumen yang memiliki hobi travelling.

Behavior orang-orang Indonesia yang makin banyak travelling. males bawa kamera yang besar. Punya kamera bagus di smartphone ini sangat penting banget,” jelasnya.


Sumber: akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati