Langsung ke konten utama

Tips Kesehatan dan Keselamatan Mudik dari Kemenkes

(Sumber: Google)

Mudik ketika Hari Raya Idul Fitri memang sudah menjadi rutinitas dan bukan suatu hal yang baru. Namun, perjalanan yang biasanya akan memakan waktu lama ini tetap perlu persiapan lebih.

Bukan hanya tentang apa yang dibawa atau mempersiapkan transportasi apa yang akan digunakan. Kesehatan ketika melakukan perjalanan mudik juga penting diperhatikan.

"Ada beberapa tips mudik sehat yang dikeluarkan Kemenkes. Seperti sebelum mudik, sebaiknya Anda memeriksakan kesehatan terlebih dahulu. Apalagi, jika selama ini Anda memiliki keluhan terhadap penyakit tertentu," kata Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI, dr. Bambang Wibowo, SpOG (K).

(Sumber: bisnis.com)

Menurutnya, jangan abaikan pemeriksaan kesehatan sebelum perjalanan mudik meski kamu merasa sehat dan prima. Siapkan obat-obatan pribadi yang kira-kira dibutuhkan selama perjalanan maupun di tempat tujuan.

"Jaga makanan yang Anda makan agar terhindar dari berbagai penyakit, jangan sembarangan. Makanan pedas dan bersantan sebaiknya dihindari. Bagi pengemudi, sebaiknya lebih memperbanyak makan buah-buahan. Kurangi makanan tinggi kalori dan lemak agar stamina selama berkendara tetap terjaga," jelasnya.

Tak kalah pentingnya, istirahat yang cukup. Karena kurang istirahat bisa memicu timbulnya penyakit dan tidak fit. 

Pada saat mudik, jalur mudik bisa dipadati puluhan ribu kendaraan. Semua bergegas untuk cepat sampai ke tujuan. Kondisi tersebut tentu tidak saja memicu kelelahan fisik tapi juga mental. Karenanya, jagalah emosi dan konsentrasi selama perjalanan.

(Sumber: malangtimes.com)

Hal lain yang perlu diingat, tubuh bukanlah mesin yang bisa dipaksa bekerja selama mungkin. Saat di perjalanan, jangan paksakan diri untuk terus berjalan dan memacu kendaraan, terutama  jika kamu merasa lelah dan mengantuk.

Pemudik khususnya pengemudi, diimbau beristirahat setelah mengemudi 4 jam perjalanan. Pasalnya, bila seseorang telah mengemudi lebih dari 4 jam, maka akan terjadi penurunan kesigapan maupun respon tubuh, sehingga rawan untuk terjadi kecelakaan.

“Saya mengajak seluruh masyarakat untuk bersama pemerintah berpartisipasi dan mendukung kelancaran mudik pada tahun ini. Bersama-sama memperhatikan keselamatan masing-masing. Pesan saya, bagi para pemudik, pengemudi, dan masyarakat umum, agar dapat mudik sehat, aman dan selamat,” tutupnya.

Nah bagi kalian yang mudik, perhatikan hal-hal di atas ya! Semoga selamat sampai tujuan :)


Sumber: akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati