Langsung ke konten utama

Gelombang Panas Kembali Melanda Wilayah Eropa

Ilustrasi gelombang panas (Sumber: idntimes.com)

Para wisatawan di Roma dan Paris harus menghadapi suhu panas yang membuat mereka membasahi tubuh di air mancur dan makan es krim untuk mendinginkan badan. Gelombang panas terus berlanjut di Eropa.

“Dengan panas matahari seperti ini, kami mencoba ke tempat yang lebih dingin,” ujar Fari, turis asal Spanyol yang datang ke ibu kota Italia itu.

Dia berbicara sambil membasahi tubuh di air mancur Trevi.

“Sejak jam 8 kami melihat-lihat Roma, dan mulai tengah hari kami makan es krim,” katanya, dilansir Reuters.

Prancis selatan mengalami suhu panas dan Kota Carpentras telah memecahkan rekor suhu terpanas. Biasanya suhu pada Juni rata-rata 28 derajat Celsius di Carpentras setiap hari. Namun, pada Selasa (25/6) suhu kota mencapai 38,9 derajat Celsius, melampaui rekor sebelumnya hingga lebih dari 0,6 derajat Celsius.

Warga mendinginkan tubuhnya di air mancur Trocadero dekat dengan menara Eiffel karena gelombang panas di Paris, Prancis (25/6). Sebagian besar Eropa, khususnya di wilayah barat, mulai menghadapi gelombang panas yang diprediksi berlangsung selama sepekan ke depan (Sumber: Reuters)

Suhu panas yang tak biasa juga dialami Polandia pada Senin (24/6) saat Krakow mencapai 32 derajat Celsius atau 10 derajat di atas rata-rata. Suhu panas mencapai Lithuania di mana Vilnius mencapai 29 derajat Celsius atau 8 derajat di atas rata-rata.

Suhu panas terus meningkat pada Kamis (27/6) dan Jumat (28/6) di Prancis, Italia, dan Spanyol.

Jumat (28/6), suhu ekstrem mencapai 43 derajat Celsius diperkirakan terjadi di Prancis selatan, timur laut Spanyol, dan utara Italia. Ini akan memecahkan rekor panas pada Juni.

Menurut laporan, gelombang panas ini telah mengakibatkan tiga orang tewas. Badan meteorologi Prancis, Meteo France, mengeluarkan peringatan oranye, level tertinggi kedua dari peringatan cuaca.

“Kita dapat melihat suhu di sejumlah wilayah mencapai rekor tinggi. Gelombang panas ini dapat menandai berapa awal ini terjadi serta intensitasnya,” papar Meteo.


Sumber: akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati