Langsung ke konten utama

Hindari Alzheimer dengan Pola Makan Seperti Ini

(Sumber: health.com)

Penurunan daya ingat, kemampuan berpikir dan bicara serta perubahan perilaku secara bertahap yang biasa disebut penyakit alzheimer. Penyakit umum ini sering ditemukan. Lebih dari 2 juta kasus per tahun terjadi di Indonesia.

Walaupun terjadi lebih banyak pada lanjut usia, penyakit yang dapat merubah kepribadian seseorang ini dapat terjadi lebih cepat karena beberapa faktor. Penyakit ini selalu penting dibahas, karena sangat mengganggu produktifitas pasien maupun keluarga atau orang di sekitarnya.

Beberapa penelitian telah menunjukkan ada makanan yang bisa mencegah alzheimer, ada pula makanan yang benar-benar meningkatkan risiko penyakit otak ini.

Maka dari itu, pola makan yang sehat juga meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan risiko kanker, diabetes, dan penyakit lainnya, dan menjaga pikiran tetap sehat.

Tipe makanan yang bagus untuk menghindari alzheimer (Sumber: wixstatic.com)

Faktanya, penelitian telah menunjukkan bahwa diet yang buruk juga berdampak pada memori dan meningkatkan peluang seseorang terkena penyakit alzheimer. Mengapa beberapa makanan dapat memicu penyakit alzheimer?

Dilansir Alzheimer.net, otak membutuhkan bahan bakar seperti lemak, buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak yang sehat, dan vitamin serta mineral yang cukup. Mengonsumsi terlalu sedikit makanan tersebut, terlalu banyak karbohidrat kompleks, makanan olahan hingga gula; akan merangsang produksi racun dalam tubuh.

Racun-racun itu dapat menyebabkan peradangan, hingga penumpukan plak di otak. Sebagai akibatnya, merusak fungsi kognitif. Efek ini berlaku untuk orang-orang dari segala usia, bukan hanya pada lansia saja. Makanan yang menghambat daya ingat adalah makanan seperti roti tawar, pasta, daging olahan dan keju. Semuanya dikaitkan dengan penyakit alzheimer.

Beberapa ahli bahkan menemukan bahwa roti gandum sama buruknya dengan roti putih yang sama-sama meningkatkan gula darah, yang menyebabkan peradangan.

Tipe makanan yang sebaiknya dihindari (Sumber: boldbusiness.com)

Untuk makanan yang juga berkaitkan dengan peningkatan angka penyakit alzheimer antara lain keju olahan. Makanan ini membangun protein dalam tubuh. Daging olahan seperti bacon, kalkun asap dari konter deli dan ham mengandung nitrosamin yang menyebabkan hati menghasilkan lemak yang beracun bagi otak.

Selain itu, sebagian besar bir mengandung nitrit yang telah dikaitkan dengan alzheimer. Makanan putih termasuk pasta, kue, gula putih, nasi putih dan roti putih; jika banyak dikonsumsi  maka akan mengakibatkan lonjakan produksi insulin dan mengirimkan racun ke otak.

Microwave popcorn mengandung diacetyl, bahan kimia yang dapat meningkatkan plak amiloid pada otak. Penelitian telah mengaitkan penumpukan plak amiloid dengan penyakit alzheimer ini.

Makanan yang membantu meningkatkan daya ingat bagi manula dan semua orang, kamu harus banyak makan sayuran berdaun hijau, salmon dan ikan air dingin lainnya. Berry dan buah-buahan berkulit gelap, kopi dan cokelat, minyak zaitun extra virgin dan minyak kelapa murni juga sangat membantu.

Sumber: akurat.co


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati