Langsung ke konten utama

Peneliti di Chicago Temukan Material Baru untuk Pemurnian Air

(Sumber: Google)

Para peneliti di University Of Chicago (UChicago) telah mengembangkan metode penyulingan air berbasis pembangkit uap tenaga surya untuk menyaring air murni. Mereka menggunakan porphyrin covalent organic framework (POF), suatu material kimia yang baru ditemukan.

POF dapat digunakan pada permukaan dengan berbagai bahan yang memiliki tingkat porositas berbeda dan menunjukkan kinerja yang tinggi dalam penguapan air. Pengujian di laboratorium menunjukkan bahan berbasis POF adalah kandidat yang menjanjikan untuk pembangkit uap tenaga surya.

Membran POF mampu menangkap lebih dari 95% cahaya di sebagian besar spektrum sinar matahari. Kemampuan POF untuk tumbuh pada banyak jenis bahan juga membuatnya mudah beradaptasi untuk digunakan dengan bahan yang tersedia secara lokal.

(Sumber: eksplorasi.id)

"Itu juga dapat digunakan untuk desalinasi, pengolahan air limbah dan seterusnya," kata Zijing Xia, seorang mahasiswa pascasarjana di UChicago Pritzker Rekayasa Molekuler dan penulis utama penelitian dilansir dari Xinhua.

Proses fabrikasi yang mudah dapat menjadikan metode ini praktis untuk diproduksi dalam skala besar. Tetapi mereka masih mencari cara untuk melakukannya dalam skala besar.

Para peneliti berharap POF dapat mendorong sistem pemurnian air berkelanjutan di masa depan. Hasil dari karya inovatif ini telah dipublikasikan dalam jurnal Advanced Materials Interfaces.


Sumber: akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati