Langsung ke konten utama

Apa Sih Penyebab Timbulnya Noda Hitam di Wajah?

(Sumber: grid.id)

Noda hitam jadi salah satu dari sekian banyak masalah kulit seseorang. Timbulnya noda hitam di wajah sudah pasti mengganggu penampilan seseorang yang kadang membuat tidak percaya diri.

Mengapa noda hitam bisa mampir di kulit? Apa penyebabnya? 

Berikut penjelasan senior marketing strategist White-Neng, Lisia Margaret, dalam acara White-Neng Intimate Luncheon Gathering di Veranda Hotel, Kebayoran Baru, Kamis  (4/7).

(Sumber: Google)

"Noda hitam ini bisa muncul pada wajah seseorang, salah satunya karena begitu lama berada di bawah paparan sinar matahari. Khususnya orang yang sering ke pantai, gunung, apalagi di jalanan tanpa proteksi sunblock, sunscreen, ini salah satu kerusakan kulitnya. Sinar UV-nya merusak, menyebabkan produksi melanin meningkat," ungkapnya.

Melanin sendiri merupakan suatu pigmen yang ada pada lapisan kulit tubuh seseorang yang menentukan warna kulit. Sinar matahari bisa mengakibatkan produksi melanin yang berlebih di bawah kulit. Semakin banyak melanin, warna kulitnya semakin gelap.

Meski begitu, melanin sendiri bukan sebuah penyebab mutlak noda hitam bisa timbul dan sesuatu yang tidak dibutuhkan.

(Sumber: dexecure.net)

"Bukan berarti melanin tidak ada gunanya. Sebenarnya melanin berfungsi untuk melindungi kulit kita dari efek negatif sinar matahari. Tapi kalau terlalu lama kena sinar matahari, produksi melanin akan berlebihan. Makanya timbul noda hitam, itu karena produksi melaninnya tidak merata sehingga tampak seperti bintik-bintik hitam," lanjutnya.

Selain paparan sinar UV matahari, ada beberapa penyebab lainnya yang diungkapkan Lisia yakni karena produk kosmetik yang tidak cocok, faktor genetik, usia, bekas jerawat dan hormonal yang tidak seimbang.


Sumber: akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati