Langsung ke konten utama

Minuman Ini Punya Efek Menenangkan

(Sumber: deherba.com)

Jika kamu mengalami hal yang menegangkan, jangan khawatir. Ada minuman yang bisa menenangkan kamu. Yaitu teh matcha Jepang. Para peneliti telah menemukan bahwa teh tersebut memiliki berbagai manfaat kesehatan, seperti mengurangi kecemasan.

Diterbitkan dalam Journal of Functional Foods, studi yang dilakukan pada tikus menemukan bahwa perilaku cemas pada tikus berkurang setelah mengkonsumsi matcha powder atau ekstrak matcha.

Menurut para peneliti, efek menenangkan teh disebabkan oleh mekanisme yang mengaktifkan reseptor dopamin D1 dan reseptor serotonin 5-HT1A, yang keduanya terkait erat dengan perilaku cemas.

(Sumber: somersetmall.co.za)

"Meskipun penelitian epidemiologis lebih lanjut diperlukan, hasil penelitian kami menunjukkan bahwa matcha yang telah digunakan sebagai agen obat selama bertahun-tahun, mungkin cukup bermanfaat bagi tubuh manusia," kata ketua penulis studi, Yuki Kurauchi dari Kumamoto University di Jepang.

Untuk penelitian ini, para peneliti melakukan tes "elevated plus maze", tes kecemasan untuk tikus. Ketika aktivitas anxiolytic dari ekstrak matcha yang berbeda dievaluasi.

Efek yang lebih kuat ditemukan dengan ekstrak yang diperoleh menggunakan 80% etanol dibandingkan dengan ekstrak yang hanya berasal dari air panas.

"Kami berharap bahwa penelitian kami tentang matcha dapat menghasilkan manfaat kesehatan di seluruh dunia," tambah Kurauchi.


Sumber: akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati