Langsung ke konten utama

Wakil Ketua DPRD DKI Minta Pemprov Lakukan Sidak Instalasi Listrik

(Sumber: Google)

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, M Taufik, meminta pemerintah provinsi Jakarta melakukan inspeksi mendadak (Sidak) instalasi aliran listrik khususnya pada daerah padat penduduk untuk meminimalisir bencana kebakaran yang belakangan kerap terjadi di Jakarta.

Dalam bulan ini, sedikitnya ada 2 kebakaran besar yang menghanguskan puluhan tempat tinggal dan ratusan jiwa harus mengungsi.

Sabtu (6/7) lalu kebakaran menghanguskan 30 rumah di Jatinegara, yang mengakibatkan 147 jiwa mengungsi. Lalu Pada Rabu (10/7), kebakaran juga menghanguskan puluhan rumah di Kampung Bali Manggarai Jakarta Selatan. Sebanyak 1.400 jiwa kehilangan tempat tinggal.

"Mau pemukiman padat, mau pemukiman tidak padat; itu kan warga Jakarta, harus diperhatikan. Pemadam kebakaran itu fungsinya harus menjaga gitu. Periksa rumah-rumah instalasinya," kata Taufik.

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, M Taufik (Sumber: poskotanews.com)

Taufik meminta Dinas Pemadam Kebakaran DKI Jakarta harus bisa menggandeng pihak PLN untuk melakukan operasi ini mengingat umumnya kebakaran di Jakarta dipicu hubungan arus pendek listrik karena instalasi aliran listrik yang kurang diperhatikan.

Kendala lain dalam menanggulangi kebakaran di kawasan pemukiman padat penduduk adalah kurangnya akses jalan sehingga titik api sulit dijangkau oleh petugas pemadam kebakaran. Taufik mengatakan hal-hal seperti ini seharusnya sudah dipikirkan oleh pihak Damkar jauh-jauh hari.

Dia mengusulkan agar di setiap kawasan padat penduduk mesti disiagakan pos-pos pemadam kebakaran lengkap dengan beberapa unit kendaraan damkar. Hal itu  untuk meminimalisir kobaran api merembet ke kawasan lain.

"Kalau sudah kaya gitu kan bisa dipikirin sama si Damkar. Ada titik-titik tertentu yang sudah harus disiapkan sebagai pencegahan kebakaran di daerah kumuh. Damkarnya ke situ bawa motor doang, tancepin tuh di selangnya. Kalau enggak dipikirin ya daerah padat gak terjangkau mereka," ketusnya.


Sumber: akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati