Langsung ke konten utama

Sebuah Penelitian Temukan Kacang Kenari Dapat Kurangi Stres

(Sumber: mojok.co)

Jadikan kacang kenari sebagai cemilan favorit, yuk! Sebuah penelitian menemukan bahwa kacang kenari dapat membantu menghilangkan stres.

Stres dapat terjadi pada siapa pun, kapan pun, dan tak bisa dihindari kedatangannya. Padahal, stres memiliki dampak yang sangat buruk bagi kesehatan seseorang.

Hal-hal seperti melakukan pernapasan dalam dan olahraga teratur dikatakan dapat mengurangi efek stres. Tapi sebuah studi baru menemukan bahwa apa yang kita konsumsi juga dapat memengaruhi tingkat stres.

Dilansir dari Her.ie, sebuah studi baru, yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients menemukan bahwa kacang kenari merupakan salah satu kunci untuk dapat mengurangi stres.

"Di masa lalu, penelitian tentang kacang kenari telah menunjukkan efek menguntungkan pada masalah kesehatan seperti penyakit jantung, diabetes dan obesitas," kata Profesor Nutrisi, Peter Pribis.

(Sumber: detik.com)

"Studi kami berbeda, karena kami fokus pada kognisi dalam uji coba terkontrol acak (CRT). Kami mengukur hasil suasana hati pada pria dan wanita," lanjutnya.

Enam puluh empat siswa berusia antara 18-25 berpartisipasi dalam penelitian ini, dan mereka mewakili sebagian besar kelompok etnis: Kaukasia, Afrika, Amerika, Hispanik dan Asia.

Para siswa diminta untuk makan 3 iris roti pisang setiap hari dalam 16 minggu. Mereka diminta makan roti pisang dengan kacang kenari selama 8 minggu dan tanpa kacang kenari selama 8 minggu.

Setengah cangkir kenari ditumbuk ke dalam adonan roti, sehingga roti terasa dan tampak sama dengan roti yang tanpa kacang kenari. Suasana hati siswa diukur pada setiap akhir periode 8 minggu.

(Sumber: ssl.com)

Namun anehnya, pada pria memperlihatkan peningkatan dalam penelitian khusus ini, sementara wanita tidak.

"Ada peningkatan suasana hati yang berarti hingga 28% pada pria muda. Namun, kami tidak melihat adanya perbaikan suasana hati pada wanita. Mengapa? Ini yang kami belum tahu,” jelasnya.

Tapi, tidak ada salahnya menjadikan kacang kenari sebagai camilan favorit untuk melihat apakah suasana hatimu berubah dan level stres menurun. Atau mungkin menyiapkan camilan ini untuk para pria, yang sudah terbukti manfaatnya.

“Makanlah lebih banyak kenari. Ini hal yang mudah dilakukan. Mereka tidak hanya baik untuk suasana hati, tapi juga kesehatan secara keseluruhan. Jumlah yang disarankan adalah satu genggam per hari,” tutup Peter.


Sumber: akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati