Langsung ke konten utama

Penyakit-Penyakit Ini Intai Para Pekerja

(Sumber: medcom.id)

Apapun pekerjaanmu, kamu tetap memiliki risiko mengalami gangguan kesehatan. Namun bukan berarti, hal tersebut tidak bisa dihindari atau diminimalisir.

Untuk dapat menghindari faktor risiko gangguan kesehatan saat bekerja, baiknya terlebih dahulu kamu mengenali kebiasaan sehari-hari yang dilakukan saat bekerja. Dengan mengenali aktifitas pada jam kerja, kamu bisa lebih mengetahui apa saja faktor-faktor yang akan mengganggu kesehatan.

Jika sudah mengetahui faktor penyebab risiko terjadinya penyakit yang akan timbul, kamu akan lebih mudah untuk mengantisipasi datangnya penyakit.

Dokter Hennessy Kurniawan, Manager Occupational Health Service Centre Rumah Sakit YPK Mandiri, memberi contoh. Misalnya ketika menemukan risiko pencetus gangguan pernafasan, paru-paru, kamu bisa langsung pakai Alat Pelindung Diri (APD) sesuai standar.

(Sumber: wahyupramusinto.com)

Masalah kesehatan umum yang juga sering dijumpai para pekerja adalah gangguan otot. Kamu bisa memperhatikan posisi duduk saat bekerja atau posisi berdiri apakah sudah benar. Perhatikan posisi bekerjamu, dan perbaiki mulai dari sekarang.

"Kemudian masalah yang sering juga terjadi karena jarang gerak. Dampaknya obesitas, kolestrol tinggi, dan merambat ke yang lainnya," katanya.

Solusi kurang gerak atau kurang aktifitas fisik bisa kamu atasi dengan melakukan stretching di sela-sela waktu kerja. Atau, perusahaan bisa membuat program kesehatan dengan memberi bel, sebuah tanda, pengingat, setiap 1 jam sekali untuk para pekerja melakukan stretching.

Dokter Hennessy juga mengatakan, deretan penyakit degeneratif lainnya yang berisiko terjadi karena kebiasaan buruk pada jam-jam kerja adalah kesehatan ginjal.

(Sumber: gawe.id)

Kondisi ruangan dingin membuat kamu sering lupa untuk banyak minum air putih. Sehingga tanpa disadari, tubuh mengalami dehidrasi tubuh. Dampaknya tekanan darah menurun, gampang pusing, masuk angin, hingga gangguan ginjal.

Masih banyak risiko penyakit lainnya yang bisa hadir tanpa disadari yang diakibatkan oleh rutinitas bekerja. Dalam hal ini, menurut dokter Hennessy, sebenarnya solusi dari masalah kesehatan para karyawan cukup sederhana.

Hanya saja hingga kini, masih banyak karyawan atau bahkan perusahaan belum peduli akan kesehatan kerja. Dimana setiap perusahaan penting memiliki program kesehatan kerja, seperti menghadirkan dokter perusahaan di tempat kerja.

Dokter perusahaan hadir bukan hanya untuk yang sakit, namun juga untuk mengedukasi, memberikan diagnosa yang lebih tepat, mengontrol kesehatan karyawan, sebelum akhirnya gangguan kesehatan mengganggu kinerja para pekerja.


Sumber: akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati