Langsung ke konten utama

Meskipun Belum Menstruasi, Remaja Perempuan Bisa Hamil

(Sumber: cloudinary.com)

Selama ini, informasi yang dipercaya tentang kehamilan adalah hanya wanita yang sudah menstruasi saja yang bisa hamil. Perlu diketahui, dilansir dari kidshealth, wanita yang belum menstruasi pun bisa hamil.

Kehamilan berhubungan dengan ovulasi. Karena seorang gadis dapat berovulasi sebelum menstruasi pertamanya, maka kemungkinan ia akan hamil jika melakukan hubungan intim.

Kehamilan terjadi ketika sel telur yang dibuahi menempel pada lapisan rahim, sehingga setelah perempuan sudah memulai ovulasi, perempuan tersebut bisa hamil.

(Sumber: honestdocs.id)

Kehamilan bukan satu-satunya masalah berhubungan seks pada usia anak atau remaja. Setiap kali seorang gadis berhubungan seks, terutama hubungan seks tanpa pengaman, ia juga memiliki risiko terkena penyakit menular seksual (IMS).

"Tidak berhubungan intim adalah satu-satunya cara untuk mencegah IMS atau kehamilan tidak diinginkan," tutur Larissa Hirsch, MD.

Sebagai orangtua, informasi kehamilan hingga IMS ini bisa diinformasikan kepada anak remaja sebagai edukasi seks. Hal ini merupakan hal krusial untuk kesehatan dan masa depan anak.


Sumber: akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati