Langsung ke konten utama

Sering Menahan Buang Air Kecil Bisa Pacu Batu Ginjal

(Sumber: detik.com)

Dari sekian banyak deretan faktor risiko penyebab gangguan kesehatan ginjal, menahan buang air kecil menjadi salah satu yang sering terdengar sebagai penyebabnya. Pertanyaanya, mitos atau fakta menahan buang air kecil dapat mengganggu kesehatan ginjal?

"Menahan buang air kecil bisa merusak atau mengganggu kesehatan ginjal. Tapi sifatnya tidak langsung," kata dr. Tunggul D Situmorang, Sp. PD-KGH. 

Dokter Tunggul mengatakan, jika terus-terusan menahan buang air kecil, akan terjadi tekanan tinggi pada saluran yang dilalui urin dan tempat menampung urin akan tertekan.

Tekanan tinggi yang terjadi tersebut membuat urin akan refluks ke atas, atau urin akan naik kembali, melebar. Akhirnya bisa menyebabkan infeksi pada otot-otot di area tersebut yang tentu akan mengganggu.

dr. Tunggul D Situmorang, Sp. PD-KGH (Sumber: akurat.co)

"Kalau kali ditahan, sampahnya kan akan menumpuk. Bisa banjir. Nah, ini juga kemungkinan akan terjadinya penumpukan kristal-kristal. Jika terus berkepanjangan, kristal bisa jadi batu ginjal," jelasnya.

Saat menahan buang air kecil, kuman bisa berkembang biak dengan mudah di uretra. Setelah itu, lama-lama akan berkembang biak di kandung kemih. Jika kuman sudah berkembang biak pada area tersebut, maka bisa masuk juga kuman-kuman itu ke ginjal.

"Intinya bisa, tapi tidak langsung. Tidak hanya ditahan sekali langsung terjadi. Semua proses berlangsung butuh waktu. Tapi ya jangan jadi kebiasaan juga. Janganlah. Ngapain juga kan nahan-nahan gitu," tutupnya.


Sumber: akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati