Langsung ke konten utama

Bahayanya Tersambung ke USB Publik

(Sumber: indonesiainside.id)

Buat kamu yang intens bepergian, mungkin sering menemukan stasiun pengisian daya USB publik. Masalahnya, amankan menggunakan USB publik untuk perangkat kita?

Minggu lalu, Jaksa Distrik Los Angeles menerbitkan peringatan keamanan tentang penggunaan USB publik. Hal tersebut harusnya membuat semua orang yang sudah mengetahui peringatan ini akan berpikir kembali  sebelum mencolokkan ponsel atau perangkat lainnya di stasiun pengisian USB.

Kenapa terbit peringatan tersebut? Bukan rahasia lagi jika kini para penjahat siber menggunakan fasilitas umum untuk menjebol sistem dari perangkat pengguna yang terhubung. Perlu dicatat bahwa saat perangkat terhubung koneksi USB, data yang ada di perangkat bisa ditransfer atau disusupi oleh malware.

(Sumber: cyberthreat.id)

Tidak ada batasan khusus saat proses data sedang ditransfer ke perangkat. Ini jelas dapat berpotensi dieksploitasi oleh penyerang untuk secara diam-diam menambahkan file berbahaya ke perangkat kamu.

Jadi, usahakan sebisa mungkin untuk tidak mengisi daya perangkat di stasiun pengisian USB publik. Lebih baik jika menggunakan powerbank atau langsung lewat soket listrik dengan kabel USB milik pribadi tentunya.


Sumber: akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati