Langsung ke konten utama

Peneliti Kembangkan Headphone Cerdas Bagi Pejalan Kaki

(Sumber: idntimes.com)

Para peneliti asal Universitas Columbia dikabarkan telah menciptakan satu set headphone yang berfungsi untuk menciptakan rasa aman bagi pengguna yang mengoperasikannya saat berjalan kaki.

Melansir SlashGear, ide yang mendasari peluncuran headphone tersebut karena selama 7 tahun terakhir ini tingkat kecelakaan dan kematian orang di AS meningkat 3 kali lipat akibat penggunaan headphone yang di luar standar.

Mereka yang mengenakan headphone tidak dapat mendengar peringatan seperti klakson mobil, teriakan, atau suara kendaraan yang mendekat. Fenomena tersebut dikenal sebagai 'twalking'.

Para peneliti menciptakan sistem headphone cerdas yang dapat memperingatkan pejalan kaki akan bahaya yang akan terjadi. Headphone ini menggunakan mikrofon mini dan pemrosesan sinyal cerdas untuk mendeteksi suara kendaraan yang mendekat.

(Sumber: forthepeople.com)

Ketika bahaya sudah mendekat, sistem akan mengirimkan peringatan audio ke headphone dengan nada yang sudah dirancang. Tim percaya bahwa jika dikembangkan secara komersial, headphone ini dapat membantu mengurangi cidera dan kematian pejalan kaki.

"Kami sedang menjajaki area baru dalam mengembangkan teknologi murah dan berdaya rendah yang menciptakan mekanisme audio waspada untuk pejalan kaki," kata Fred Jiang, seorang anggota Institut Sains Data dan asisten profesor Teknik Elektro di Columbia Engineering.

Proyek headphone pintar ini dianugerahi dana hibah sebesar 1,2 juta dolar AS dari National Science Foundation pada tahun 2017 silam untuk penanaman beberapa mikrofon serta mengembangkan pipa data berdaya rendah untuk memproses suara di dekat pejalan kaki.

Kabarnya, saat ini tim peneliti sedang mengembangkan prototipe dan mengujinya di jalan sekitaran Columbia. Tim berharap, ke depannya akan dapat membuat prototipe yang bisa di pasarkan ke perusahaan komersial.


Sumber: akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati