Langsung ke konten utama

Asteroid Raksasa Bakal Lintasi Bumi, Malam Ini!

Asteroid approach: 'Potentially hazardous' asteroid 2010 FR to fly past  Earth today | Science | News | Express.co.uk

(Sumber: Express)


Asteroid raksasa yang dikenal sebagai FR 2010, diperkirakan tidak akan menabrak Planet Biru sehingga tidak berpotensi menimbulkan ancaman bagi Bumi.

Dari laman The Sun, Minggu (6/9/2020), menurut estimasi Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA, asteroid FR 2010 akan terbang pada jarak sekitar 4,6 juta mil (7,4 juta km) dari Bumi, atau sama jauhnya dengan 19 kali jarak dari Bumi ke Bulan.

Meski mungkin terdengar jauh, tetapi ini relatif cukup dekat dalam istilah ruang. Bahkan, NASA menganggap apa pun yang lewat dalam jarak 120 juta mil dari Bumi sebagai Objek Dekat Bumi (NEO).

Asteroid FR 2010 sendiri ditaksir memiliki lebar hingga 885 kaki (270 m), atau tiga kali ukuran menara ikonik di Inggris, Big Ben.

NASA memperingatkan akan adanya asteroid besar berukuran 3 kali besar Big Ben yang melintasi Bumi. Batuan antariksa itu bergerak dengan kecepatan lebih dari 8 mil per detik (14 km/s) dan akan mendekat pada Minggu pagi (waktu setempat).

Ribuan NEO dilacak oleh para ilmuwan untuk dipantau apakah mereka berpotensi bertabrakan dengan Bumi atau tidak. Ini menjadi sangat penting dilakukan karena satu perubahan kecil pada lintasan mereka bisa berarti bencana bagi Bumi.


Sumber: Ayobandung

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati