Langsung ke konten utama

Ilmuwan Ciptakan Keyboard Kertas

Peneliti Berhasil Ciptakan Keyboard Wireless Setipis Kertas | Jagat Review

(Sumber: Jagat Review)


Beberapa ilmuwan berhasil menemukan cara yang dapat mengubah hampir semua kertas atau karton menjadi keyboard tahan air. Keyboard kertas ini menggunakan proses pencetakan baru dan dapat dilipat ke dalam saku serta tidak memerlukan sumber listrik.

Teknologi ini menggunakan lapisan khusus yang anti air dan debu, sehingga memungkinkan beberapa lapisan sirkuit dicetak di atas kertas tanpa noda atau degradasi di antara lapisan tersebut.

Di sisi lain kertas atau karton, pencetakan tinta standar dapat digunakan untuk menunjukkan di mana titik-titik tekanan atau tombol dan apa yang mewakilinya. Lapisan ini dapat dicetak dalam desain yang diinginkan, mulai dari keypad numerik hingga kontrol volume.


Tema Keyboard Kertas for Android - APK Download

(Sumber: Akpure)


Menariknya, tidak ada baterai atau colokan listrik yang diperlukan untuk mengoperasikan keyboard kertas ini. Teknologi ini dikenal sebagai triboelectric nanogenerator atau TENG, yang mampu diberdayakan sepenuhnya dari sentuhan operator dan energi mekanik yang dihasilkan.

"Ini adalah pertama kalinya perangkat elektronik self-powered berbasis kertas didemonstrasikan," kata Ramses Martinez, insinyur biomedis dari Purdue University, dikutip Science Alert (5/9/2020).

Martinez menambahkan bahwa tim ahli mengembangkan metode untuk membuat kertas anti air, minyak, dan debu dengan melapisinya dengan molekul yang sangat berfluorinasi.

"Lapisan omniphobic ini memungkinkan kami untuk mencetak beberapa lapisan sirkuit ke atas kertas tanpa membuat tinta berlepotan dari satu lapisan ke lapisan berikutnya," tambah Martinez.

Keren bukan?



Sumber: Ayobandung

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati