Langsung ke konten utama

Salah Satu Syarat Sah Sholat, Wudhu Juga Mampu Hilangkan Berbagai Penyakit


(Sumber: Google)

 

Berwudhu, selain syarat sahnya shalat, juga bisa menghindarkan dari penyakit, bahkan menyembuhkan dari berbagai macam penyakit. Asalkan wudhu dilakukan dengan cara yang baik dan benar.

Syahruddin El-Fikri, dalam bukunya yang berjudul Sehat dengan Wudhu, menjelaskan bahwa berwudhu dapat menyehatkan dan menghilangkan berbagai macam penyakit seperti kanker, flu, pilek, asam urat, rematik, sakit kepala, telinga, pegal linu, sakit mata, sakit gigi, dan lain-lain.

"Mungkin hal ini, tak pernah kita sadari. Wudhu yang dilakukan dengan baik dan benar serta sempurna, maka hal itu dapat menyehatkan dan mencegah seseorang dari berbagai macam penyakit," kata Syahruddin, dikutip dari bukunya.

Hal lain juga diungkapkan Muhammad Husein Haykal dalam bukunya Hayatu Muhammad. Sepanjang hidupnya, Rasulullah juga tak pernah menderita penyakit kecuali saat sakaratul maut hingga wafatnya. Menurut Syahruddin, ini menunjukkan bahwa wudhu dengan cara yang benar, insya Allah dapat mencegah berbagai penyakit.

Menurut Syahruddin, dalam penelitian yang dilakukan Muhammad Salim tentang manfaat wudhu untuk kesehatan, juga diungkapkan bahwa berwudhu akan mengakibatkan tubuh seseorang terhindar dari segala penyakit.



(Sumber: Google)


Cara berwudhu yang baik dan benar dimulai dengan membasuh tangan lalu berkumur-kumur. Kemudian mengambil air dan menghirupnya ke dalam hidung, lalu mengeluarkan lagi airnya. Langkah ini hendaknya dilakukan sebanyak 3 kali secara bergantian.

Masih dalam penelitian Muhammad Salim, ia juga menganalisis masalah kesehatan ratusan hidung orang-orang sehat yang tidak berwudhu dan membandingkannya dengan ratusan orang yang teratur berwudhu selama 5 kali dalam sehari dan melaksanakan shalat.

Berdasarkan hasil penelitian itu, Syahruddin menyimpulkan, sesungguhnya berwudhu itu menyehatkan baik secara lahir maupun batin. Wudhu mengandung hikmah dan manfaat yang sangat besar bagi kesehatan seseorang.

Jauh sebelum penelitian itu, Rasulullah pernah bersabda, "Sempurnakan wudhu, lakukan istinsyaq (memasukkan air ke hidung), kecuali jika kamu berpuasa."


Sumber: AyoBandung

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati