Langsung ke konten utama

Waspada, Ini Gejala Kanker Pankreas dan Penyebabnya


(Sumber: Google)


Kanker pankreas adalah penyakit kanker yang terbentuk di jaringan pankreas, sebuah organ di perut yang terletak di belakang bagian bawah. Sayangnya, kanker pankreas sulit didiagnosis pada tahap awal karena biasanya tidak menimbulkan gejala apa pun.

Ketika gejala benar-benar muncul, penting untuk diingat bahwa gejala-gejala ini dapat disebabkan oleh berbagai kondisi, dan biasanya bukan akibat kanker.

Tetapi Anda harus menghubungi dokter Anda jika Anda khawatir, atau jika gejala ini muncul secara tiba-tiba.

Salah satu gejala kanker pankreas pertama yang terasa adalah nyeri di punggung atau area perut. Nyeri tersebut mungkin datang dan pergi pada awalnya dan seringkali lebih buruk saat Anda berbaring atau setelah makan.

Tanda-tanda lainnya ialah:

  • Penurunan berat badan yang tidak terduga
  • Penyakit kuning; tanda yang paling jelas adalah menguningnya kulit dan bagian putih mata; itu juga menyebabkan urin Anda menjadi kuning tua atau oranye dan tinja Anda menjadi berwarna pucat.

Menurut Pancreatic Cancer UK, mereka juga dapat disebabkan oleh kondisi seperti pankreatitis (radang pankreas), batu empedu, sindrom iritasi usus besar (IBS) atau hepatitis (radang hati).



(Sumber: Google)


Meskipun demikian, jika Anda menderita penyakit kuning, segera pergi ke dokter tanpa penundaan. Namun, ada sejumlah faktor risiko yang dapat meningkatkan peluang Anda untuk mengembangkannya.

Menurut Cancer Research UK, usia adalah faktor risiko yang menonjol, dengan hampir setengah dari semua kasus baru didiagnosis pada orang berusia 75 tahun ke atas. Kanker pankreas jarang terjadi pada orang di bawah 40 tahun.

Faktor risiko lain yang tidak dapat Anda kendalikan adalah riwayat keluarga; terkadang kanker pankreas ditemukan diturunkan dalam keluarga. Cancer Research UK, Anda memiliki peningkatan risiko jika Anda memiliki kerabat tingkat pertama dengan kanker pankreas.

Kebiasaan gaya hidup yang tidak sehat juga dapat meningkatkan risiko Anda terkena kanker pankreas. Menurut Kanker Pankreas Inggris, merokok diperkirakan menyebabkan hampir 1 dari 3 kanker pankreas di Inggris Raya.

Penelitian juga menunjukkan bahwa kelebihan berat badan atau obesitas meningkatkan risiko kanker pankreas. Sekitar 1 dari 8 kanker pankreas mungkin terkait dengan kelebihan berat badan atau obesitas.

Para peneliti menyimpulkan bahwa sekitar 1 dari 6 kasus kanker pankreas di Inggris dapat dicegah jika orang mempertahankan berat badan yang sehat.


Sumber: AyoBandung

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati