Langsung ke konten utama

Solusi untuk Baterai HP yang Cepat Habis


(Sumber: Google)


HP, adalah salah satu gadget yang tak bisa dilepaskan pada zaman ini. Perangkat ini seolah menjadi kebutuhan dasar. Ada sejumlah cara yang bisa kamu lakukan agar baterai ponsel bertahan lama, supaya kamu tidak pusing ketika baterai sedang habis.

Namun, tentu saja, ada sejumlah hal yang menjadi penyebab baterai ponsel kamu boros. Berikut ini cara menghemat baterai smartphone Android.

1. Cek aplikasi yang paling boros

Lihat daftar aplikasi mana yang memakai baterai paling banyak. Jika tidak benar-benar penting, lebih baik matikan dan tidak dipakai.

Untuk melihat aplikasinyanya, kamu bisa masuk ke pengaturan lalu ke pengaturan Battery dan ke Battery Usage/Power Usage. Di situ ada daftarnya.

2. Jangan kebanyakan aplikasi berjalan di background

Semakin banyak aplikasi berjalan di background, maka semakin banyak daya baterai yang disedot. Jika aplikasi tidak dibutuhkan, lebih baik matikan saja termasuk di background.



(Sumber: Google)


3. Matikan sinyal radio yang tak dipakai

Beberapa fitur di smartphone yang memanfaatkan sinyal radio akan memakan daya yang cukup banyak seperti NFC, GPS, dan Wi-Fi. Jangan lupa matikan jika sudah tidak dipakai lagi.

4. Turunkan brightness layar

Layar menjadi salah satu bagian smartphone yang paling banyak memakan baterai. Jangan gunakan auto brightness, tapi atur manual. Bahkan jika perlu, turunkan ke tingkat paling rendah.

5. Wallpaper gelap dan tampilan ringan

Layar tipe AMOLED atau OLED akan lebih hemat baterai jika tampilan lebih gelap. Wallpaper warna gelap akan membantu menghemat baterai dari layar.

Gunakan juga widget dan tampilan yang ringan untuk membantu menghemat baterai. Jangan pakai widget yang memiliki animasi dan berat untuk dijalankan.

6. Matikan notifikasi yang tak penting

Jangan anggap remeh notifikasi, karena itu juga memakan daya baterai. Pastikan notifikasi yang menyala hanya dari aplikasi yang penting.

7. Atur auto sync

Fitur sync yang menyinkronisasi aplikasi yang membutuhkan koneksi internet. Karena itu, matikan auto sync agar tidak kebanyakan koneksi internet.



(Sumber: Google)


8. Hindari streaming

Koneksi internet sangat memakan daya baterai jika terus-terusan terhubung. Apalagi untuk menjalankan streaming, baik video maupun musik. Gunakan pemutar musik atau video luring untuk lebih menghemat baterai. Aplikasi seperti YouTube dan Spotify memiliki fitur offline yang membantu.

9. Gunakan aplikasi bebas iklan

Ada beberapa aplikasi yang sebenarnya tidak membutuhkan internet. Namun karena di dalamnya ada iklan, aplikasi tersebut meminta terhubung dengan internet.

10. Gunakan fitur power saving

Smartphone kini telah dilengkapi dengan fitur power saving atau hemat daya. Secara otomatis, smartphone akan memberikan pengaturan untuk menghemat daya.


Sumber: AyoBandung

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati