Langsung ke konten utama

Kebiasaan Ini Bisa Merusak Ginjal

Sumber: Shutterstock.

Ginjal merupakan organ penting yang berfungsi untuk menyaring racun dan limbah yang ada dalam tubuh. Selain itu, ginjal juga berguna untuk mendetoksifikasi darah lalu dikeluarkan melalui urin.

Selain fungsi di atas, ginjal juga membantu mengatur kadar mineral seperti kalsium dan fosfat dalam tubuh. Lebih dari itu, ginjal mampu mempertahankan cairan elektrolit yang bisa mengikat kadar air, agar seseorang tidak mengalami dehidrasi.

Kebiasan buruk yang kamu lakukan ini bisa merusak ginjalmu. 

  • Menahan kencing

Sumber: Shutterstock

Buang air kecil adalah cara tubuh untuk membuang racun. Menahan kencing bisa berbahaya bagi ginjal karena mengakibatkan terbentuknya batu ginjal sehingga menyebabkan penyakit ginjal.

  • Sering mengonsumsi obat pereda sakit

Sumber: Shutterstock

Banyak mengonsumsi obat pereda rasa sakit bisa menghancurkan ginjal lho. Hal ini bisa memperburuk masalah ginjal jika sudah menderita penyakit ginjal.

  • Kebanyakan mengonsumsi garam

Sumber: Shutterstock

Kelebihan garam dalam tubuh akan membuat ginjal bekerja lebih keras untuk mengeluarkan racun. Jika terus berlanjut, hal itu akan menyebabkan retensi air dalam tubuh dan menempatkan ginjal pada kondisi yang berbahaya.

  • Terlalu banyak mengonsumsi daging

Sumber: Shutterstock

Salah satu sumber protein hewani yang menghasilkan sejumlah besar asam dalam darah adalah daging. Mengonsumsi daging terlalu banyak bisa menyebabkan asidosis, yaitu suatu kondisi di mana ginjal tidak dapat mengeluarkan asam lebih cepat.

  • Kurang minum air putih

Sumber: Shutterstock

Minum banyak air putih adalah salah satu cara terbaik untuk menghindari batu ginjal. Air putih dapat membersihkan ginjal secara menyeluruh dan menjadikannya urin. Perbanyak minum air putih dan kurangi minuman yang berasa.

Jadi, jangan sering melakukan hal-hal di atas lagi yaa. Menjaga tubuh adalah tanggung jawab diri kita masing-masing supaya terhindar dari segala penyakit.


Sumber: akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati