Langsung ke konten utama

Minum Kopi Amankah untuk Kehamilan?

(Sumber: Google)

Para calon ibu memilih membatasi konsumsi kafein saat hamil, termasuk dalam hal ini pantang minum kopi. 

Tentu saja ini tidak mudah karena hamil bukan urusan yang mudah. Banyak juga ibu hamil yang tidak mampu menampik godaan kopi.

Namun ada kabar gembira nih. Pada penelitian dari Nationwide Children's Hospital di Columbus, Ohio, menunjukkan minum kopi saat hamil tidak berdampak pada IQ anak ataupun pada perkembangan perilaku mereka.

Para peneliti mengamati kadar paraxanthine (senyawa hasil uraian kopi) di dalam darah milik 2.197 sampel wanita hamil. Sampe dibagi dalam dua kelompok lalu dibandingkan IQ dan perilaku anak-anak para wanita itu. Hasilnya, tidak ditemukan korelasi sama sekali.

(Sumber: Google)

"Hasil ini setidaknya menjamin bahwa kafein pada jumlah yang tidak berlebihan tidak berdampak signifikan pada perkembangan anak-anak," kata Mark A. Klebanoff, salah seorang anggota penelitian. 

Sementara itu, National Health Service (NHS) menyarankan agar ibu hamil berhati-hati dalam mengonsumsi kopi, teh, dan minuman lainnya yang mengandung kafein. Sebab kafein bisa mempercepat detak jantung, yang tidak bagus untuk ibu hamil.

Jadi, kuncinya adalah tidak berlebihan untuk mengonsumsinya. Terlebih, kondisi tubuh tiap orang berbeda-beda. Jadi agar tetap sehat selama masa kehamilan, ibu hamil harus tahu apa yang paling baik untuk dirinya.

Sumber: akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati