Langsung ke konten utama

Lebih Enak Kopi dengan Pembuatan Mesin atau Brewing?

Julnis dan Endrik (Sumber: akurat.co)

Saat ini, kopi sudah menjadi gaya hidup di Indonesia. Adanya aneka jenis biji kopi yang dihasilkan dari beberapa daerah menjadi alasan utama.

Kopi, sampai jadi minuman, ada 2 cara pembuatannya. Ada yang memakai mesin, ada pula yang dibuat manual atau biasa disebut manual brewing.

Menurut Julnis,  Founder Two Man sekaligus Roaster, tes rasa yang ditawarkan dari manual brewing lebih bervariasi dari pada memakai mesin.

"Kalau manual lebih kompleks cara pembuatannya. Mulai dari biji kopi, terus tingkat kekasaran saat kopi sudah menjadi bubuk, suhu panas dan tingkat kepanasan air bisa membuat banyak rasa," ucapnya.

(Sumber: Google)

Endrik, Founder Rainbow Coffe dan Trainer, menjelaskan tentang plus minus pembuatan kopi dengan menggunakan mesin. Semula, banyak orang yang berpikiran bahwa memakai mesin selalu stabil.

"Memang stabil, tapi taste yang ditawarkan itu enggak sebanyak seperti manual brewing. Kalau pakai mesin kan hanya segitu aja rasa yang diberikan. Tapi kan tergantung barista, perlu kalibrasi dan setiap orang punya gradasi sendiri," ucapnya.

Jadi, pembuatan kopi dengan manual brewing lebih menawarkan rasa kopi yang bervariasi. Tentu dengan variasi rasa yang ditawarkan, kopi akan lebih enak jika di konsumsi.

Kalau kalian lebih suka yang mana, guys?


Sumber: akurat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ahok Bakal Jadi Ketua Tim Ibukota Baru, Kominfo: Itu Hoaks

Adakah Hubungan Alis dengan Kepribadian Seseorang?

Pasca Kebakaran, Pelabuhan Muara Baru Seperti Kota Mati